YBM PLN salurkan bantuan air bersih untuk ratusan keluarga di Sumbawa

id PT PLN,YBM PLN,Bantuan Air Bersih,Kabupaten Sumbawa

YBM PLN salurkan bantuan air bersih untuk ratusan keluarga di Sumbawa

Penyaluran bantuan air bersih untuk warga di Kecamatan Moyo Utara, Kabupaten Sumbawa, NTB. (ANTARA/HO-PLN)

Mataram (ANTARA) - PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Sumbawa  Nusa Tenggara Barat, melalui Yayasan Baitul Maal (YBM) PLN kembali menjalankan program sosial kemanusiaan dengan memberikan bantuan air bersih untuk masyarakat dhuafa. 

Pelaksana tugas Ketua YBM PLN Unit Induk Wilayah NTB Kukuh Amukti, di Mataram, Kamis, menjelaskan program bantuan air bersih disalurkan sebanyak 100 jeriken di beberapa desa dan dusun di Kecamatan Moyo Utara, Sumbawa, di antaranya Desa Kukin, Dusun Kukin A, Dusun Ai Bari, dan Dusun Tahan Nanga Talu.

"Semua dusun itu tetap mengalami krisis air bersih meski musim hujan telah datang," katanya.

Menurut dia, kondisi air sumur yang payau mengandung kapur dan bau logam menjadi penyebab airnya tak dapat dikonsumsi oleh warga masyarakat.

Untuk mendapatkan air bersih, warga harus merogoh kantong yang cukup mahal bagi masyarakat desa yang kebanyakan petani ini. Kondisi tersebut cukup membuat masyarakat terbebani dalam mendapatkan air bersih.

Padahal air bersih, kata Kukuh, adalah kebutuhan pokok yang mutlak harus dipenuhi untuk kesehatan tubuh masyarakat," ujarnya.

"Kami berkomitmen untuk senantiasa membantu masyarakat sesuai asnaf zakat, kali ini kami menyalurkan bantuan berupa air bersih kepada kaum dhuafa, dengan tujuan agar tercukupi kebutuhan sehari-hari warga," ucap Kukuh.

Ia juga berharap bantuan yang berasal dari zakat pegawai PLN dapat benar-benar memiliki manfaat dan semakin banyak yang menikmati berkah dari zakat.

"Semoga bantuan ini dapat bermanfaat dan tentunya kami mohon doa mudah-mudahan bantuan ini juga dapat memberikan keberkahan kepada pegawai PLN yang telah menyisihkan sebagian rezeki dan kepada PLN sebagai perusahaan yang menaungi," katanya.

Kepala Desa Kukin, Sukyman, mengucapkan rasa terima kasih kepada YBM PLN Unit Induk Wilayah NTB atas bantuan yang diberikan kepada warganya yang membutuhkan.

"Kami sampaikan terima kasih kepada YBM PLN UIW NTB yang telah memberikan bantuan, semoga bantuan berupa air bersih ini dapat digunakan dan bermanfaat bagi kami dan untuk segenap muzakki PLN semoga mendapat pahala disisi Allah SWT," ujar Sukyman.

YBM PLN Unit Induk Wilayah NTB merupakan lembaga pengelola zakat infaq shodaqoh khusus pegawai, yang mengumpulkan zakat dari para pegawai untuk kemudian disalurkan sesuai asnaf zakat.

Pewarta :
Editor: Awaludin
COPYRIGHT © ANTARA 2022