Dispora mengoptimalkan "Mataram Water Park" jadi sumber pedapatan baru

id mwp,mataram,dispora

Dispora mengoptimalkan "Mataram Water Park" jadi sumber pedapatan baru

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Mataram Suhartono Toemiran. (Foto: ANTARA/Nirkomala)

Mataram (ANTARA) - Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) akan mengoptimalkan keberadaan MWP (Mataram Water Parak) yang berada di belakang Tugu Bumi Gora Udayana, sebagai potensi sumber pendapatan baru daerah ini.

"Sekarang kita sedang menyiapkan peraturan daerah (Perda) yang bisa jadi payung hukum penarikan retribusi pengunjung yang memanfaatkan MWP untuk berbagai kegiatan," kata Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Mataram Suhartono Toemiran, di Mataram, Rabu.

Sejak MWP dibuka bagi masyarakat umum pada awal tahun 2020, Pemerintah Kota Mataram tidak memungut biaya apapun dari pengunjung dan memberikan masyarakat memanfaatkan MWP secara gratis.

Sejak saat itu, MWP selalu ramai dikunjungi masyarakat yang ingin renang. Akan tetapi, sekarang kondisinya sudah berbeda, karena selain masyarakat umum, MWP kini dimanfaatkan juga oleh klub-klub renang, bahkan sudah ada jadwal tersendiri.

"Ada sekitar 15 klub renang yang memanfaatkan MWP dan yang bikin kita geregetan, kita berikan fasilitas gratis,tapi mereka menarik biaya ke anggota klub," katanya.

Padahal, untuk pemeliharaan, kata Suhartono, sepenuhnya dilakukan oleh Dispora dan pada tahun 2021, pemerintah kota mengalokasikan anggaran sebesar Rp140 juta, terutama untuk biaya obat-obatan penjernih air kolam.

"Untuk menjaga air tetap jernih, setiap hari petugas memberi obat-obatan. Jika tidak, besok airnya sudah hijau berlumut. Kalau sudah hijau butuh beberapa hari untuk menjernihkan lagi," katanya.

Terkait dengan itu, lanjutnya, pihaknya saat ini sedang aktif melakukan pembahasan dengan Badan Keuangan Daerah (BKD) untuk rencana penarikan retribusi pengunjung termasuk klub renang.

"Jika tahun depan Perda belum bisa ditetapkan, kita akan awali dengan membuat peraturan wali kota (Perwal), kemudian kita sosialisasikan sambil melakukan penataan area MWP," katanya.

Sebab, konsep kolam MWP saat ini yang masih menjadi satu dengan kolam anak-anak dinilai rawan. Jadi, harus dipisah agar tidak menimbulkan hal-hal yang tidak diinginkan.

"Kolam MWP yang ada saat ini bukan kolam bermain melainkan untuk olahraga renang prestasi," katanya.

Suhartono menilai dengan berbagai fasilitas pendukung,  MWP cukup potensial menjadi sumber pendapatan daerah baru.

"Untuk angka pastinya, masih kami hitung dan bahas bersama pihak-pihak terkait," ujarnya.