Jalan rusak Bypass Awang-Kuta Lombok Tengah diperbaiki awal 2022

id Jalan bypass

Jalan rusak Bypass Awang-Kuta Lombok Tengah diperbaiki awal 2022

Jalan Bypass Awang-Kuta Lombok Tengah yang rusak. ANTARA/Humas Polsek Kuta

Praya, Lombok Tengah (ANTARA) - Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat menyatakan perbaikan ruas jalan Bypass Awang-Kuta yang rusak dikerjakan awal tahun 2022 dan ditargetkan tuntas sebelum ajang MotoGP Sirkuit Mandalika.

"Perbaikan jalan bypass yang rusak itu telah dibahas dan akan dikerjakan dalam waktu dekat," kata Kepala Dinas PUPR Lombok Tengah, Lalu Rahadian di Praya, Rabu.

Ia mengatakan, selain memperbaiki jalan yang rusak, saluran irigasi juga akan diperbesar dan aliran air yang datang dari perumahan warga akan diarahkan ke saluran yang telah di buat oleh PT ITDC yang ada di dalam kawasan.

Sehingga ketika terjadi hujan lebat, air bisa mengalir dan tidak lagi terjadi genangan banjir yang melanda warga setempat.

"Akan dibuatkan drainase juga menuju saluran yang telah dibuat di dalam kawasan," katanya.

Ia mengatakan, Tim dari Balai Jalan Nasional juga telah turun melakukan pengecekan dan menghitung dana yang dibutuhkan untuk memperbaiki jalan yang rusak tersebut.

"Kebutuhan dana masih dihitung, setelah selesai kemungkinan dikerjakan awal tahun 2022 mendatang. Itu hasil rapat bersama yang telah dilakukan," katanya.

Sebelumnya, Jalan Bypass Bandara Lombok-Mandalika tepatnya ruas Awang menuju Kuta, Kecamatan Pujut di rusak oleh warga, karena kampung mereka tergenang banjir saat wilayah Lombok Tengah dilanda hujan yang lebat.

Hal itu dilakukan supaya air cepat surut dan rumah mereka terhindar dari banjur, sehingga warga melakukan pembongkar.