Polres Lombok Tengah mendorong penerapan PeduliLindungi pada libur Natal

id Natal

Polres Lombok Tengah mendorong penerapan PeduliLindungi pada libur Natal

Kapolres Lombok Tengah AKBP Hery Indra Cahyono memberikan penghargaan kepada anggota saat apel Operasi Lilin 2021, Kamis (23/12/2021) (ANTARA/HO-Humas Polres Lombok Tengah)

Praya, Lombok Tengah (ANTARA) - Polres Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat terus mendorong penerapan aplikasi PeduliLindungi di tempat keramaian guna mendukung penerapan protokol kesehatan COVID-19 pada libur Natal dan Tahun Baru.

"Kawal dan awasi betul aktivitas masyarakat di titik-titik objek vital dengan mengedepankan memakai masker, menjaga jarak dan menghindari kerumunan," kata Kapolres Lombok Tengah AKBP Hery Indra Cahyono pada apel gelar pasukan Operasi Lilin Rinjani 2021 dalam rangka pengamanan Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 di Praya, Kamis.

Ia mengatakan ada beberapa hal yang harus dipedomani guna mendukung keberhasilan pelaksanaan Operasi Lilin 2021, yaitu menjaga stamina, kesehatan mental dan melakukan deteksi dini terhadap dinamika serta fenomena yang berkembang sehingga dapat melakukan pencegahan yang prediktif, melaksanakan pengamanan secara profesional dan humanis.

"Berikan pelayanan terbaik kepada masyarakat di manapun dan kapanpun, lengkapi sarana dan prasarana di pos pengamanan dan pos pelayanan serta tempat isolasi sementara," katanya.

Ia menyampaikan berdasarkan pemetaan kerawanan, terdapat beberapa prediksi gangguan kamtibmas yang harus diantisipasi, seperti pencurian dengan pemberatan, pencurian dengan kekerasan, pencurian kendaraan bermotor curat, balap liar, penyalahgunaan narkoba, pesta minuman beralkohol. dan kerumunan masyarakat yang berpotensi penularan COVID-19.

"Selain itu yang harus diantisipasi adalah ancaman bencana alam, seperti banjir dan tanah longsor sebagai dampak musim hujan akhir tahun ini," katanya.

Ia mengatakan Operasi Lilin itu harus dilaksanakan secara optimal, agar kejahatan dan gangguan kamtibmas sekecil apa pun dicegah. Ketika operasi ini berhasil, masyarakat dapat melaksanakan ibadah Natal dan Tahun Baru dengan aman dan nyaman.

"Kegiatan nasional dan internasional pun dapat berjalan dengan baik. Untuk itu dilaksanakan operasi ini dengan penuh rasa tanggung jawab dengan dukungan penuh masyarakat," katanya.