AP apresiasi Natal-tahun baru di Bandara Adi Soemarmo aman

id Angkasa Pura apresiasi Natal tahun baru ,di Bandara Adi Soemarmo aman

AP apresiasi Natal-tahun baru di Bandara Adi Soemarmo aman

General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Adi Soemarmo, Erick Rofiq Nurdin,(kanan) memberikan salam terima kasih dan penghargaan kepada salah satu petugas petugas aparat keamanan di Bandara Adi Soemarmo Boyolali, Kamis (4/1/2024). ANTARA/HO- Humas Adi Soemarmo.

Boyolali (ANTARA) - PT Angkasa Pura I mengapresiasi semua instansi terkait yang terlibat dalam pengamanan liburan Natal 2023 dan tahun baru 2024 di Bandara Adi Soemarmo Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah, yang berlangsung mulai tanggal 19 Desember 2023 hingga 3 Januari 2024, berjalan aman dan lancar.

"Kami apresiasi dan penghargaan setinggi-tingginya kepada seluruh instansi yang turut terlibat dalam penyelenggaraan posko terpadu, sehingga operasional mengantisipasi lonjakan penumpang pada liburan Natal 2023 dan tahun baru 2024 tetap terjaga lancar, aman, keselamatan dan kenyamanan," kata General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Adi Soemarmo, Erick Rofiq Nurdin, usai acara penutupan Posko Terpadu, di Bandara Adi Soemarmo Boyolali, Jateng, Kamis (4/1).

Erick Rofiq Nurdin mengatakan Posko Natal 2023 dan tahun baru 2024 telah resmi ditutup, dan selama posko berlangsung tidak ada kejadian yang tidak diharapkan di Bandara Adi Soemarmo.

Dia menambahkan, puncak arus kepadatan terjadi pada H-2 Natal 2023 atau Sabtu (23/12), dengan pergerakan penumpang mencapai 4.803 orang dan frekuensi penerbangan sebanyak 32 pergerakan.

Adapun puncak arus balik terjadi pada H+2 tahun baru 2024, yaitu pada Selasa (2/1), dengan pergerakan penumpang mencapai 3.911 orang dan frekuensi penerbangan sebanyak 30 pergerakan.

"Selama berlangsungnya Posko Natal 2023 dan tahun baru 2024, jumlah pergerakan penumpang di Bandara Adi Soemarmo mengalami kenaikan dibandingkan dengan periode tahun sebelumnya yakni 2022/2023, dimana total penumpang selama 16 hari sebanyak 54.817 penumpang atau sebesar 25 persen.

Pergerakan pesawat naik 19 persen dengan total 406 pergerakan, dan kenaikan kargo sebesar 168 persen dengan total 227.005 Kg," katanya.

Pada kesempatan tersebut dilakukan juga penyerahan sertifikat penghargaan kepada personel Bandara Adi Soemarmo berprestasi atas kesigapan dalam penanganan keamanan dan keselamatan penerbangan.

Sementara itu, sebagai bentuk dukungan Pemerintah Kecamatan Ngemplak Boyolali dan masyarakat sekitar bandara untuk turut serta menjaga keamanan dan keselamatan penerbangan di Bandara Adi Soemarmo, dilakukan penyerahan komitmen keselamatan dan keamanan oleh Camat Ngemplak Ari Wahyu Prabowo kepada General Manager Bandara Adi Soemarmo.

"Kami mewakili masyarakat Ngemplak, berterima kasih telah dilibatkan dalam menjaga keamanan dan keselamatan penerbangan di Bandara Adi Soemarmo. Hal ini menjadi kehormatan bagi masyarakat karena bisa bersinergi dan berkolaborasi dengan seluruh jajaran di Bandara," kata Ari Wahyu Prabowo

Ari Wahyu Prabowo berharap koordinasi dan kerja sama yang baik terus terjalin antara pihak bandara dan masyarakat setempat.

Baca juga: Selama 2023, Pergerakan penumpang di Bandara Lombok capai 2,3 juta
Baca juga: Puncak arus balik libur tahun baru pada 2 Januari


Ari juga menyampaikan bahwa hubungan masyarakat Ngemplak dengan pihak bandara mempunyai hubungan historis dan psikologis, sehingga selalu ditekankan kepada masyarakat melalui kepala desa setempat untuk selalu mempunyai rasa handarbeni dan hangrungkepi kepada Bandara Adi Soemarmo yang menjadi ikon kebanggaan wilayah Kecamatan Ngemplak, Kabupaten Boyolali dan Solo Raya.