NTB surati Kemenhub menyiapkan kapal pesiar atasi kekurangan kamar hotel

id NTB,Pemprov NTB,MotoGP,Sirkuit Mandalika,Lombok

NTB surati Kemenhub menyiapkan kapal pesiar atasi kekurangan kamar hotel

Sekretaris Daerah (Sekda) NTB HL Gita Ariadi. (ANTARA/Nur Imansyah).

Mataram (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat menyurati Kementerian Perhubungan untuk menyiapkan kapal pesiar melalui PT Pelni untuk mengatasi kekurangan kamar hotel menjelang perhelatan MotoGP pada 18-20 Maret 2022 mendatang.

"Suratnya sudah kita layangkan ke Pak Menhub," kata Sekretaris Daerah (Sekda) NTB HL Gita Ariadi di Mataram, Senin.

Ia mengatakan permintaan kapal pesiar tersebut sebagai alternatif mengatasi kekurangan kamar hotel yang terjadi wilayah itu saat berlangsungnya MotoGP di Sirkuit Mandalika, Kabupaten Lombok Tengah.

"Kita minta itu bisa menampung 2.000 kamar," ujarnya.

Sekda mengakui ketersediaan kamar hotel di NTB baru mencapai 16.000. Sedangkan jumlah penonton MotoGP Mandalika diprediksi mencapai 64 ribu orang, sehingga kebutuhan kamar banyak.

"Mengatasi kekurangan kamar hotel ini juga sudah dilakukan dengan membangun rumah-rumah warga menjadi homestay," ucap Gita.

Bupati Lombok Tengah, H Lalu Pathul Bahri mengatakan pemerintah pusat akan menyiapkan kapal pesiar sebagai tempat penginapan bagi wisatawan saat ajang MotoGP Mandalika.

"Kapal pesiar itu nantinya direncanakan akan bersandar di Pelabuhan Awang," ujarnya.

Ia mengatakan kapal pesiar yang akan didatangkan itu nantinya memiliki kapasitas 2.000 orang.

Selain itu juga, pemerintah pusat akan menyiapkan kapal cepat untuk penyeberangan Bali-Lombok, guna mempermudah akses masuk penonton yang menginap di luar Lombok."Kapal cepat juga akan disiapkan untuk mendukung MotoGP itu," katanya.

Ia mengatakan, selain itu Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi dalam arahanya meminta supaya homestay yang ada di lingkar Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) dan Desa Wisata supaya ditingkatkan supaya standar hotel bintang dua.

"Banyak yang harus dipersiapkan untuk mendukung MotoGP tersebut, seperti keberadaan homestay di lima desa penyangga lingkar Sirkuit Mandalika," katanya.

Sirkuit Mandalika masuk dalam kalender balap seri kedua perhelatan MotoGP 2022 pada 18-20 Maret 2022. Namun sebelum ajang balap kelas dunia itu berlangsung, Sirkuit Mandalika pada 11-13 Februari 2022 akan menjadi lokasi tes pramusim MotoGP.