Pemkab Lombok Tengah dorong peningkatan pelayanan Kadus

id Randis,Lombok Tengah

Pemkab Lombok Tengah dorong peningkatan pelayanan Kadus

Kendaraan Dinas yang diberikan kepada Kepala Dusun di Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB) (ANTARA/Akhyar)

Praya, Lombok Tengah (ANTARA) - Pemerintah Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB) telah memberikan kendaraan dinas (Randis)  roda dua bagi kepala dusun (Kadus) dalam rangka meningkatkan dan mempercepat pelayanan kepada masyarakat di daerah setempat. 

"Motor dinas ini diberikan bukan untuk kepentingan Kadus, namun untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat," kata Bupati Lombok Tengah H Lalu Pathul Bahri selesai menyerahkan kendaraan dinas tersebut secara simbolis di Alun -alun Tastura Praya, Jumat. 

Untuk itu, ia berharap kepada para Kadus yang mendapatkan kendaraan dinas tersebut supaya bisa memanfaatkan fasilitas yang diberikan dengan meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Sedangkan bagi Kadus yang belum diberikan supaya bersabar, karena keterbatasan anggaran yang ada dampak pandemi COVID-19.

"Kendaraan dinas bagi Kadus ini kita berikan secara bertahap," katanya. 

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Lombok Tengah, Zaenal Mustakim mengatakan, dari ribuan Kadus yang ada di 127 desa saat ini tidak semuanya langsung bisa mendapatkan motor.  Untuk tahap pertama memang baru menganggarkan untuk pembelian motor operasional ini hanya 30 persen dari jumlah Kadus dan sebaran merata. 

"Untuk proses awal kita serahkan 600 unit dulu ke Kadus dari total 1800 Kadus,” katanya. 

Untuk pengadaan di tahap awal ini, pemerintah daerah menggelontorkan anggaran hingga Rp12 miliar, anggaran tersebut diserahkan di masing- masing desa dengan jumlah yang bervariasi, tergantung jumlah dari Kadus. 

"Pengadaanya dilakukan secara bertahap. Kita berharap Kadus bisa meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dengan adanya kendaraan dinas yang telah diberikan tersebut," katanya.