Masalah lingkungan harus ditangani sekarang juga

id Putu Ayu Saraswati,menjaga lingkungan,Hari Lingkungan Hidup Sedunia

Masalah lingkungan harus ditangani sekarang juga

Puteri Indonesia Lingkungan 2020 Putu Ayu Saraswati (kanan) dalam diskusi usai konferensi pers peluncuran Charm Herbal Antsept+ Bio di Hotel Mulia, Jakarta, (3/6/2022) (ANTARA/Suci Nurhaliza)

Jakarta (ANTARA) - Menjelang Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Putri Indonesia Lingkungan 2020 Putu Ayu Saraswati mengingatkan bahwa semua orang harus bersatu padu untuk menyelesaikan permasalahan lingkungan saat ini juga.

"Kita sering banget dengar save the planet for our children. Padahal sebenarnya, kalau kita mau mawas diri dan mau melihat di sekeliling kita, permasalahan lingkungan yang membahayakan itu sudah terjadi detik ini juga. Kita rasakan sendiri enggak teraturnya cuaca, bencana terjadi berkali-kali dalam setahun, banyak penyakit, hingga kelangkaan minyak bumi," kata Ayu dalam sebuah acara temu media di Jakarta, Jumat.

"Jadi permasalahan ini bukan terjadi di masa depan, tapi detik ini juga. Oleh karena itu kita harus bergandeng tangan menyelesaikan permasalahan itu sekarang juga," lanjut dia.

Menurut Ayu, permasalahan lingkungan saat ini sudah menjadi tugas yang berat dan besar yang harus diemban oleh setiap orang, bukan hanya segelintir orang. Ayu mengatakan, setiap orang perlu melakukan langkah-langkah untuk menjaga bumi. Meski langkah kecil sekalipun, lanjut dia, akan berdampak besar terhadap bumi jika dilakukan bersama-sama secara konsisten.

"Slogan 'mulai dari hal kecil' itu benar. Kadang kita lupa, langkah kecil ini harus dilakukan bersama-sama. Jadi semua stakeholder harus bergandeng tangan dengan visi misi yang sama, dan harus dilakukan secara konsisten," ujar Ayu.

"Kadang kita melihat kegiatan yang baik untuk lingkungan hanya dilakukan oleh kelompok tertentu. Misalnya, 'yaudah itu tugas para pecinta lingkungan aja'. Padahal ini adalah PR kita bersama dan bisa dilakukan oleh siapapun dari hal-hal paling kecil," imbuhnya.

Baca juga: Wagub NTB memaparkan "Zero Waste" bersama Kementerian LHK

Adapun langkah-langkah kecil yang bisa dilakukan untuk menjaga lingkungan, kata Ayu, di antaranya dengan membiasakan jalan kaki saat pergi ke tempat yang dekat, menggunakan tas belanja daur ulang, selalu membawa botol minum sendiri, hingga menghemat listrik.

Mengenai Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang mengusung tema "Only One Earth", Ayu memaknai bahwa hanya ada satu Bumi yang akan ditinggali oleh manusia. Manusia yang hidup hari ini dan manusia yang hidup di masa depan akan tinggal di satu Bumi yang sama. Untuk itulah, menjaga lingkungan menjadi hal yang sangat penting.

"Kita sebagai manusia terbiasa kalau ada satu rencana yang enggak berhasil, selalu ada rencana B, C, dan seterusnya. Tapi kalau Bumi, enggak ada. Kita enggak ada planet B, C, D. Kita cuma punya satu bumi yang akan kita tinggali, di masa depan pun generasi selanjutnya akan tinggal di Bumi yang sama," kata Ayu.