Presiden Jokowi menyerahkan trofi kepada juara Jakarta E-Prix 2022

id Jakarta eprix,presiden joko widodo,formula e jakarta,mitch eva

Presiden Jokowi menyerahkan trofi kepada juara Jakarta E-Prix 2022

Presiden Joko Widodo (kanan) bersama Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (kiri) berfoto bersama pembalap di "grid line" sebelum dimulainya balapan Formula E Jakarta di Jakarta International E-Prix Circuit (JEIC) Ancol, Jakarta, Sabtu (4/6/2022). ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/aww.

Jakarta (ANTARA) -
Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyempatkan waktu untuk naik ke panggung dan menyerahkan trofi kepada Mitch Evans yang berhasil menjuarai Jakarta E-Prix 2022 seri kesembilan balapan mobil listrik Formula E di Jakarta International E-Circuit, Ancol, Jakarta, Sabtu.
 
Pebalap asal Selandia Baru yang menunggangi mobil tim Jaguar TCS Racing itu mampu menuntaskan balapan 40 lap dengan catatan waktu tercepat yakni 48 menit 28,424 detik.
 
Evans mengantungi kemenangan seri ketiganya musim ini setelah mampu mengungguli pebalap DS Techeetah Jean-Eric Vergne (Prancis) hanya dengan selisih 0,733 detik, sedangkan Edoardo Montara (Swiss) dari Rokit Venturi Racing melengkapi tempat di podium ketiga.
 
 
Presiden Jokowi menyerahkan langsung trofi juara kepada Evans yang sempat disambut dengan sedikit rasa bingung karena penyelenggaraan balapan internasional di Indonesia tak menyediakan pesta botol sampanye untuk disiramkan.
 
Hal itu bukan preseden baru, mengingat di ajang MotoGP Mandalika dan World Superbike Mandalika panitia juga tidak menyediakan pesta botol sampanye.
 
Sementara itu, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyerahkan trofi kepada perwakilan tim Jaguar TCS Racing yang keluar sebagai juara kontraktor Jakarta E-Prix 2022.
 
Selepas seremoni juara di podium, Presiden Jokowi sempat menyampaikan apresiasi dan rasa syukurnya atas kesuksesan penyelenggaraan Jakarta E-Prix 2022.
 
"Ya Alhamdulillah semuanya berjalan dengan lancar dan baik," kata Presiden Jokowi kepada wartawan.
 
"Saya kira ini event masa depan, karena kita tahu nanti ada pergeseran dari mobil yang sekarang ke banyak pemakai mobil listrik sehingga ini jadi tontonan ke depan akan semakin digemari," ujarnya menambahkan.
 
Jakarta E-Prix 2022 menandai terwujudnya kesuksesan Indonesia dipercaya oleh Federasi Otomotif Internasional (FIA) untuk menjadi tuan rumah balap mobil listrik yang berlangsung sejak 2014 tersebut.
 
Jakarta sedianya menggelar seri Formula E musim 2019-20, namun hal itu harus batal karena situasi pandemi COVID-19 memaksa balapan mobil listrik itu dituntaskan di Jerman.