Pemkot Mataram pasang ikon ornamen pada pintu masuk kota

id cantik,mataram,wali kota

Pemkot Mataram pasang ikon ornamen pada pintu masuk kota

Wali Kota Mataram Mohan Roliskana berpose di depan bundaran Jempong Jalan Lingkar Selatan yang menjadi pintu masuk Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat. ANTARA/HO

Mataram (ANTARA) - Pemerintah Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat, memasang ikon ornamen bertuliskan "Welcome to Mataram" di pintu masuk utama melalui Bypass Bundaran Jalan Lingkar Selatan untuk mempercantik salah satu titik strategis di kota itu.

"Setelah Gapura Tembolak, kita punya Tugu Mataram Metro, yang kini kita lengkapi dengan ikon ornamen bertuliskan 'Welcome to Mataram'," kata Wali Kota Mataram Mohan Roliskana di Mataram, Selasa.

Menurut dia, mempercantik Kota Mataram dinilai penting sebab pertumbuhan ekonomi tidak menjamin masyarakat memiliki kotanya, tapi dengan dibangunnya ruang interaksi dan rekreasi mampu menumbuhkan rasa bangga dan memiliki terhadap kotanya.

Karenanya, Wali Kota menyakini penambahan ornamen pada pintu masuk tersebut dapat menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat dan wisatawan yang datang ke Kota Mataram guna berfoto dan berswafoto, sebab ornamen tersebut menjadi satu identitas Kota Mataram. "Kita memang tidak siapkan spot foto, tapi antusias masyarakat untuk mengabadikan diri pada ikon tersebut tidak bisa kita hindari," katanya.

Oleh karena itu, pemerintah kota segera menyiapkan petugas yang akan mengatur lahan parkir sebagai lokasi rest area, agar kendaraan tidak parkir di badan jalan yang dapat mengganggu arus lalu lintas.

Baca juga: Pemkot Mataram tata gapura Taman Sangkareang

Selain itu, untuk keamanan dan kenyamanan pengunjung, aparat dari Dinas Perhubungan bahkan jajaran Kepolisian aktif melakukan patroli keling di kawasan tersebut.

Sedangkan untuk pedagang kaki lima (PKL), tambah wali kota, segera akan ditata kembali dengan menyiapkan areal terpusat pada lahan yang sudah disiapkan, agar tidak ada lagi PKL berjualan di badan atau bahu jalan. "Jalan Lingkar Selatan kini sudah menjadi salah satu pusat keramaian baik dari warga kota maupun warga luar kota, sebab areal tersebut ada di kawasan perbatasan dengan wilayah Lombok Barat," katanya.

Sementara Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Kota Mataram H Nizar Denny Cahyadi selalu pelaksana kegiatan pemasangan ornamen di bundaran Jalan Lingkar Selatan, mengatakan, pemasangan ornamen tersebut menelan dana sebesar Rp75 juta. "Anggaran itu bersumber dari APBD Kota Mataram, dan pemasangannya kita targetkan rampung hari ini," katanya menambahkan.