Ubud Food Festival gandeng koki

id Ubud Food Festival,festival kuliner,koki lokal

Ubud Food Festival gandeng koki

Ketua Yayasan Murda Swari Saraswati Dwi Ermayanti (paling kanan) saat memberikan keterangan kepada media terkait persiapan penyelenggaraan Ubud Food Festival di Denpasar, Kamis (16/6/2022). ANTARA/Ni Putu Putri Muliantari.

Denpasar (ANTARA) - Festival kuliner tahunan yang melibatkan masyarakat lokal hingga mancanegara bertajuk Ubud Food Festival kembali diselenggarakan di Taman Kuliner, Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali dengan menggandeng koki lokal hingga petani muda di Pulau Dewata.

"Ini festival keenam kami dengan tema Heroes. Kami ingin memberi panggung bagi mereka yang ada di balik kuliner Bali," kata Ketua Yayasan Murda Swari Saraswati Dwi Ermayanti, di Denpasar, Kamis.

Festival yang diselenggarakan oleh Yayasan Murda Swari Saraswati selama tiga hari, dari 24-26 Juni 2022 itu untuk mengapresiasi para pelaku kuliner yang telah menjaga warisan kuliner Bali, di antaranya Dodo Pande pemilik Pande Egi, Putu Dodik koki Nusantara Locavore dan petani-petani muda Bali yang berhasil bertahan di tengah pandemi COVID-19.

Dodik menjadi salah satu koki lokal yang diajak bergabung dalam Ubud Food Festival 2022. Koki yang memulai karir sejak usia 18 tahun ini konsisten terhadap penggunaan bahan baku masakan dari hasil alam yang hidup di sekitar.

Selain itu, Dwi menyebut pecinta kuliner yang mendaftar akan diajak melakukan perjalanan kuliner menuju Bali Utara.

Tak hanya koki yang berkecimpung di dunia masak-memasak, dalam kesempatan ini penyelenggara turut mendatangkan petani-petani daerah yang menjadi pahlawan di balik industri kuliner.


Baca juga: Bupati Lombok Timur siap jadikan Desa Ekas Buana ikon kuliner hasil laut

Meskipun banyak sisi lokal yang ditonjolkan dalam festival kuliner yang didirikan Janet DeNeefe ini, tak menutup fakta bahwa target pengunjung yang bergabung nantinya tak hanya berasal dari masyarakat lokal.
 
Pewarta :
Editor: I Komang Suparta
COPYRIGHT © ANTARA 2022