KALANGAN DPRD KSB DUKUNG ZULKIEFLIMANSYAH PIMPIN NEWMONT

id

     Jakarta, 26/11 (ANTARA) - Kalangan anggota DPRD Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) mendukung aspirasi Pemda Nusa Tenggara Barat mencalonkan Zulkieflimansyah, Wakil Ketua Komisi XI DPR RI yang juga putra daerah Sumbawa, untuk memimpin PT Newmont Nusa Tenggara (NNT).
     Menurut Ketua Komisi II DPRD Sumbawa Barat, Sahril Amin, di Jakarta, Sabtu, dukungan Gubernur NTB kepada putra Sumbawa yang menjadi salah satu tokoh di Jakarta, Zulkieflimansyah, untuk menggantikan Martiono sebagai Presdir NNT adalah langkah yang cerdas dan wajib diapresiasi semua pihak termasuk Newmont sendiri.
     "Sebagai seorang kepala daerah, tentu tidak dengan mudah akan memberikan dukungan kepada seseorang tanpa tahu banyak kapasitas seseorang yang didukungnya. Dan ia juga telah dengan cermat menghitung keuntungan buat Sumbawa dan NTB," ujarnya.
     Dikatakannya pula bahwa dukungan kepada tokoh muda yang juga politisi PKS itu untuk memimpin NNT juga bukannya tanpa alasan, karena jika mengamati posisi akselerasi tambang Newmont di Sumbawa saat ini ternyata penuh dengan konflik yang tidak berujung.
     Untuk itu, menurut Sahril Amin, dibutuhkan figur yang mampu memahami persoalan serta luwes dalam pergaulan sehingga ada solusi terhadap semua persoalan yang berkembang, bukan malah terus membiarkan permasalahan dari hari ke hari yang tanpa adanya penyelesaian tuntas.
     "Figur Zulkieflimansyah ini sangat dekat dengan masyarakat dan dikenal luas serta punya link kekuatan politik luas dari ujung timur Kabupaten Sumbawa sampai ke ujung barat Kabupaten Sumbawa Barat. Ia juga punya kelebihan tersendiri dan mampu berbicara dengan masyarakatnya ketika ada persoalan yang terjadi karena sangat memahami karakter masyarakat setempat," ujarnya.
     Sementara pada level nasional, Zulkieflimansyah saat ini menjabat sebagai Wakil Ketua Komisi XI DPR RI dan sebelumnya juga ada di Komisi VII DPR RI yang membidangi masalah pertambangan.
     Karenanya, masih kata dia, semua tahu bahwa ia punya link ke Menteri ESDM Jero Wacik, Menkeu Agus Martowidjoyo yang satu almamater di FE UI, Kepala BKPM, dan tentunya juga jaringan internasional yang cukup mumpuni yang nantinya bisa bermanfaat mengembangkan Newmont sebagai aset berharga di NTB.
     "Sebagai wakil rakyat di DPRD Sumbawa Barat, kami berkepentingan terhadap adanya perubahan pada kebijakan mendasar di NNT  terhadap lokal Sumbawa dan NTB pada umumnya.
     Dalam hal ini sudah saatnya pengganti Martiono adalah Zulkieflimansyah, putra daerah yang telah teruji di tingkat nasional," katanya.

(*)