PLN-Universitas Mataram bersinergi melatih nelayan buat pakan lobster

id PLN,Nusa Tenggara,Desa Ekas Buana,Pakan Lobster

PLN-Universitas Mataram bersinergi melatih nelayan buat pakan lobster

lustrasi: Lobster. (ANTARA News)

Mataram (ANTARA) - PT PLN (Persero) Unit Induk Pembangunan Nusa Tenggara bersinergi dengan Fakultas Perikanan dan Kelautan, Universitas Mataram, Nusa Tenggara Barat, melatih nelayan untuk membuat pakan pellet moist bahan baku lokal untuk budi daya lobster di keramba jaring apung.

Manajer Perizinan dan Komunikasi PLN Unit Induk Pembangunan Nusa Tenggara, Prapsakti Wahyudi, di Mataram, Rabu, menjelaskan pelatihan pembuatan pakan lobster tersebut merupakan bagian dari program tanggung jawab sosial lingkungan (TJSL) bertajuk pemberdayaan masyarakat di kawasan pesisir.

"Sasaran kami adalah kelompok nelayan Pasir Putih, dengan memberikan pelatihan pengelolaan hasil laut dan strategi pemasaran dalam konsep agroekowisata bagi peningkatan ekonomi masyarakat pesisir di Desa Ekas Buana, Kecamatan Jerowaru, Lombok Timur," katanya.

Menurut dia, penyaluran program TJSL PLN harus memiliki semangat berkelanjutan dan berkesinambungan yang mampu menciptakan dampak yang berkelanjutan.

Untuk itu, PLN tetap berkomitmen melaksanakan pemberdayaan melalui program-program tanggung jawab sosial yang dapat menghadirkan dampak langsung kepada masyarakat

"Melalui program seperti itu, para nelayan yang ada di Desa Ekas Buana, dapat menghasilkan lobster yang berkualitas," ujarnya.

Toni, salah satu peserta pelatihan mengatakan potensi daerah pesisir di Desa Ekas Buana, kaya akan hasil laut dan memiliki panorama pantai yang sangat eksotis sehingga memiliki daya tarik tersendiri untuk meningkatkan perekonomian masyarakat pesisir.

"Kami berterima kasih kepada PLN atas tanggung jawab sosial yang direalisasikan terhadap masyarakat, kami dari kelompok nelayan Pasir Putih sangat mendukung kegiatan pelatihan ini, semoga kedepannya tetap berjalan dan berkelanjutan," ucapnya.

Heri selaku pendamping Kelompok Nelayan Pasir Putih juga mengapresiasi langkah PLN dalam melakukan pembinaan pengelolaan hasil laut dan strategi pemasaran dalam sistem agroekowisata kepada masyarakat.

"Pelatihan yang dilakukan sangat tepat sasaran karena dilatih mulai proses awal sampai akhir sehingga nelayan sekitar mampu mengelola hasil laut dengan baik dan benar," ujarnya.