Bamsoet mengajak warga Indonesia saksikan kehebatan WSBK Mandalika

id NTB,WSBK,Sirkuit Mandalika ,Ketua MPR Bambang Soesatyo ,Bamsoet ,World Superbike

Bamsoet mengajak warga Indonesia saksikan kehebatan WSBK Mandalika

Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) yang juga Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo (kanan) didampingi Gubernur NTB, H Zulkieflimansyah (kiri) seusai acara Musawarah Wilayah VI Pemuda Pancasila NTB di Kota Mataram, Jumat (30/9/2022). (ANTARA/Nur Imansyah).

Mataram (ANTARA) - Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo mengajak masyarakat Indonesia untuk menonton kehebatan para pembalap dunia di perhelatan World Superbike di Sirkuit Mandalika, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat pada 11-13 Nopember 2022.

"Kita tunggu tanggal main-nya. Saya ajak semua bisa menyaksikan kemewahan, kemegahan dan kehebatan pembalap dunia beraksi di Mandalika," ujarnya seusai acara Musawarah Wilayah VI Pemuda Pancasila NTB di Kota Mataram, Jumat.

Ketua MPR RI ini mengatakan saat ini Sirkuit Mandalika terus berbenah untuk menyambut salah satu ajang balap motor paling bergengsi di dunia tersebut.

"Saat ini Sirkuit Mandalika, sedang dalam pengerjaan perapian di pengaspalan," katanya.

Sebelumnya Direktur Teknik dan Operasi Mandalika Grand Prix Association (MGPA) Samsul Purba memastikan bahwa perbaikan kerb atau gundukan gerigi yang berada di tepi lintasan Sirkuit Mandalika telah rampung.

"Penggantian kerb dari yang biasa menjadi kerb Misano sudah selesai," kata Samsul.

Dia pun memastikan desain kerb yang berada di sepanjang tepi lintasan Sirkuit Mandalika kini sudah mirip dengan kerb di Sirkuit Misano, Italia.

Jadi, sebelumnya kerb di Sirkuit Mandalika itu kerb biasa, lebarnya 1 meter. Yang baru ini bertambah lebar, jadi 1,5 meter, seperti di Sirkuit Misano, makanya disebut Kerb Misano," ucapnya.

Perbaikan kerb di Sirkuit Mandalika  berada di tikungan 5 dan tikungan 6 dengan panjang keseluruhan 260 meter.

"Perbaikan-nya tidak menerus dalam satu garis, jadi ada beberapa titik di dua tikungan itu saja," ujar dia.

Perbaikan kerb ini pun dikatakan Samsul menjadi salah satu rekomendasi dari Dorna Sport dan Federasi Internasional Motorcycle (FIM). Sekaligus menjadi syarat Sirkuit Mandalika lulus dalam uji standar atau homologasi grade A.

Selain kerb, rekomendasi perbaikan juga ada pada sisi lintasan aspal di sejumlah tikungan sirkuit atau run-off.

"Yang diminta itu pelebaran run-off di lima tikungan. Tiga tikungan sudah diaspal dua lapis, dua tikungan lagi masih pekerjaan tanah," kata Samsul.

Meskipun masih dalam tahap demikian, namun ia memastikan akhir September ini perbaikan run-off Sirkuit Mandalika sudah rampung.

"Pekan ini semua (run-off), sudah kami aspal dua lapis," ujarnya.

Kemudian perbaikan jalur lintasan (track) yang diminta untuk diaspal ulang, Samsul meyakinkan hal itu akan dilaksanakan mulai pertengahan Oktober 2022.

"Untuk track, kami targetkan 30 Oktober sudah selesai," katanya.

Perbaikan sarana Sirkuit Mandalika ini merupakan bagian dari persiapan MGPA menyambut gelaran World Superbike Championship (WSBK) pada 11-13 November 2022.
 

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Bamsoet ajak warga Indonesia saksikan kehebatan WSBK Mandalika