Ganda putri Lanny/Ribka melaju ke final IIC 2022

id Indonesia International Challenge 2022, IIC 2022,Lanny Tria Mayasari,Ribka Sugiarto

Ganda putri Lanny/Ribka melaju ke final IIC 2022

Pasangan ganda putri Indonesia Lanny Tria Mayasari (kiri) dan Ribka Sugiarto saat berfoto bersama usai menjalani laga dalam Indoensia International Challenge 2022, di Kota Malang, Jawa Timur, Sabtu (15/10/2022). (ANTARA/Vicki Febrianto)

Malang, Jawa Timur (ANTARA) - Ganda putri Indonesia Lanny Tria Mayasari dan Ribka Sugiarto melaju ke babak final turnamen bulu tangkis Indonesia International Challenge 2022 yang digelar di Kota Malang, Jawa Timur pada 11-16 Oktober.

Pada pertandingan semi final melawan pasangan asal Korea Kim Min Ji dan Seung Yeon Seong yang merupakan unggulan ketiga pada turnamen tersebut, Lanny dan Ribka menang dua gim langsung dengan skor 21-16, 21-15.

"Kami memang sempat tertinggal, tapi kemudian keadaan bisa berbalik," kata Ribka seusai pertandingan.

Ribka menjelaskan, pada awal permainan ia dan Lanny masih berupaya untuk mencari pola permainan dari pasangan Korea tersebut. Pada akhirnya, pemain ganda putri Indonesia itu mampu menguasai permainan dan unggul.

"Pada saat awal, kita start-nya masih seperti mencari pola permainan lawan. Kemudian saat sudah unggul, kita sudah menemukan pola permainan lawan," katanya.

Sementara itu, Lanny menambahkan, pola permainan dari pemain Korea yang sempat berubah pada babak kedua sempat merepotkan dirinya dan Ribka. Namun, pada akhirnya mereka mampu menguasai keadaan dan memenangi pertandingan.

"Tadi kita sempat tertinggal set kedua, karena permainan Korea berubah. Kami terbawa permainan mereka. Tapi akhirnya kita bisa menyesuaikan dan menang," katanya.

Pada partai final Minggu, Lanny dan Ribka akan menghadapi ganda putri Jepang Sayaka Hobara/Hinata Suzuki. Ia mengatakan bahwa untuk pertandingan final, ia berharap bisa bermain fokus dan tidak mengulang kesalahan yang terjadi pada semifinal itu.

"Untuk pertandingan final besok, yang penting kita bermain seperti tadi tapi untuk kesalahan-kesalahan kita perbaiki. Dan lebih tenang, serta lebih fokus," ujarnya.

Tim Indonesia juga memastikan tempat di partai final turnamen bulu tangkis Indonesia International Challenge 2022 melalui ganda campuran Dejan Ferdinansyah/Gloria Emanuelle Widjaja yang mengalahkan pasangan Indonesia lainnya Ghana Muhammad Al Ilham/Indah Cahya Sari Jamil dengan skor 21-14, 21-14.

Sementara pemain lain yang gagal menembus partai final IIC 2022 tersebut di antaranya adalah pasangan Akbar Bintang Cahyono/Marsheilla Gischa Islami, ganda putra Alfian Eko Prasetya/Yusuf Santoso, serta Nita Violina Marwah/Tryola Nadia.

Turnamen yang digelar pada 11-16 Oktober 2022 tersebut diikuti oleh 238 atlet dari 13 negara. Para pemain berlevel internasional itu di antaranya datang dari Austria, Kanada, China, Estonia, India, Jepang, Korea, Malaysia, Myanmar, Singapura dan Amerika.

Baca juga: Pemain ganda Dejan /Gloria tembus babak final IIC 2022
Baca juga: Timnas Indonesia bulu tangkis bertolak ke Denmark


Turnamen dengan hadiah 15 ribu dolar Amerika Serikat (AS) tersebut, diikuti 132 orang pemain dari luar negeri dan sisanya dari dalam negeri.