Sebanyak 35 KK korban banjir di Kota Praya kembali ke rumah

id Banjir ,Praya ,Lombok Tengah

Sebanyak 35 KK korban banjir di Kota Praya kembali ke rumah

Warga saat menyelamatkan barang berharga miliknya ketika rumahnya terendam banjir, Selasa (18/10/2022) (ANTARA/Humas BPBD Lombok Tengah)

Praya, Lombok Tengah (ANTARA) - Sebanyak 35 kepala keluarga (KK) korban banjir di Kampung Jawa, Kelurahan Praya, Kecamatan Praya, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat telah kembali ke rumahnya setelah air setinggi sekitar satu meter yang menerjang rumahnya surut.

Pantau di lokasi, warga yang merupakan korban banjir terlihat sedang membersihkan lumpur dampak banjir yang menggenangi rumah mereka pada, Selasa sore hingga malam (18/10/2022). Banjir akibat hujan lebat yang terjadi di wilayah setempat sejak siang hingga sore tersebut mengakibatkan air sungai di Kampung jawa meluap dan merendam rumah warga. Pemerintah daerah selanjutnya membuka posko pengungsian untuk para korban di SDN di wilayah setempat.

"Air sudah surut, sekarang semua warga sudah tidak tinggal di pengungsian," kata Nurhasanah salah satu korban banjir di Kampung Jawa, Rabu.

Kepala BPBD Lombok Tengah, Ridwan Maruf mengatakan, banjir yang terjadi di wilayah Kampung Jawa tersebut saat ini sudah surut, sehingga warga telah kembali ke rumahnya.

"Korban sudah kembali ke rumahnya," katanya.

Ia juga mengimbau kepada masyarakat untuk tetap waspada terhadap dampak bencana alam yang dapat ditimbulkan, karena cuaca hujan saat ini masih terjadi dan berdasarkan informasi BMKG musim hujan telah masuk.

"Warga kita imbau tetap waspada dampak curah hujan yang disertai petir dan angin kencang," katanya.

Sebelumnya, Kapolres Lombok Tengah, AKBK Irfan Nurmansyah mengatakan, banjir yang merendam rumah warga tersebut diakibatkan oleh luapan air sungai yang ada di sekitar lokasi akibat hujan yang mengguyur wilayah Kota Praya, Selasa (18/10/2022) sejak pukul 14.00 wita sampai 17.00 wita dengan intensitas yang cukup tinggi.

"Luapan air sungai tersebut masuk ke permukiman warga, hingga merendam puluhan rumah yang berada di sekitar bantaran sungai dengan perkiraan ketinggian air 1 meter," katanya.

Menindak lanjuti adanya musibah tersebut, pihaknya langsung menurunkan anggota ke lokasi meninjau, memantau dan melakukan tindakan penyelamatan serta membantu evakuasi terhadap warga yang terdampak. Untuk mengantisipasi terjadinya banjir susulan Polres Lombok Tengah telah berkoordinasi dengan pihak BPBD Kabupaten Lombok Tengah bersama instansi terkait untuk mengevakuasi sekitar 35 Keluarga rumahnya terendam dan terdampak banjir ke bangunan SDN 2 Praya sebagai posko penampungan sementara.

"Bantuan sementara kepada korban telah diberikan berupa air minum kemasan, mie instan dan telur kepada warga yang berada di posko penampungan," katanya.