Tour de Siak ajang promosi pariwisata Riau ke mancanegara

id Pemrov Riau,tour de siak

Tour de Siak ajang promosi pariwisata Riau ke mancanegara

Konferensi pers Tour de Siak. ANTARA/HO

Pekanbaru, Riau (ANTARA) - Kepala Dinas Pariwisata (Kadispar) Provinsi Riau Roni Rakhmat optimistis ajang balap sepeda Tour de Siak dapat menjadi promosi pariwisata Riau ke mancanegara sekaligus berdampak bagi peningkatan pendapatan asli daerah (PAD).

"PAD Riau akan meningkat karena setelah berlaga di Riau, para pembalap yang melintasi sejumlah etape melewati kawasan-kawasan destinasi pariwisata menarik di Riau tentu akan melanjutkan promosi tentang Riau ke teman-temannya di daerahnya masing-masing hingga diyakini menarik minat untuk berkunjung ke Riau," katanya di Pekanbaru, Riau, Kamis.

Ia mengatakan melalui para pebalap itu, maka kegiatan Tour de Siak dinilai sangat efektif mempromosikan Riau ke tingkat nasional dan internasional dengan harapan akan ada kunjungan balasan setelah agenda balap ini.

Setelah adanya kunjungan balasan, katanya, diyakini akan berdampak ganda bagi peningkatan perolehan PAD Riau dari sektor usaha kuliner, penginapan, cendera mata dan jasa transportasi lainnya.

Roni mengatakan pada pelaksanaan Tour de Siak 2022 juga akan dilaksanakan pameran UMKM di halaman Kantor Gubernur Riau mulai Sabtu (3/12/2022) dan Minggu (4/11/2022) sebagai bagian dari upaya mempromosikan dengan aneka produk kuliner, produksi keterampilan lainnya.

Baca juga: Indonesia kantongi dua perak dan satu perunggu dari ACC
Baca juga: Etape 7 Tour de Langkawi dibatalkan alasan keselamatan


Tour de Siak yang digelar pada 1-4 Desember 2022, terdapat tiga etape pelaksanaannya yakni etape pertama city race Siak sepanjang 85 km dan etape kedua Siak-Pekanbaru Race sepanjang 124 km. Etape kedua melewati Lubuk Dalam, Kerinci Kanan-Simpang Lago (Pelalawan)-masuk jalan Lintas Timur-masuk Pekanbaru lewat Jalan Harapan Raya-Jalan Sudirman Pekanbaru dan finish di Kantor Gubernur Riau.

Selanjutnya, etape ketiga City Race Pekanbaru sepanjang 120 km, mulai dari simpang Jalan Cut Nyak Dien menuju Jembatan Siak IV-Bundaran Chevron Rumbai-Jalan Paus Rumbai-Simpang Bingung-Bundaran Jalan Riau- Jalan Soekarno Hatta-Jalan Tuanku Tambusai-Jalan Arifin Achmad-Jalan Sudirman dan finish di Jalan Cut Nyak Dien Pekanbaru.