Pemprov Jatim siapkan 54 armada kapal laut antisipasi lonjakan penumpang

id pemrov jatim,khofifah,kapal laut,lonjakan penumpang,natal,tahun baru 2023

Pemprov Jatim siapkan 54 armada kapal laut antisipasi lonjakan penumpang

Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa meninjau kesiapan pelayanan angkutan penumpang kapal laut di Pelabuhan Tanjugn Perak Surabaya, Kamis (22/12/2022). (ANTARA/HO-Biro Adpim Jatim)

Surabaya (ANTARA) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur menyiapkan 54 kapal laut untuk mengantisipasi lonjakan arus penumpang pada musim liburan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023. Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa dalam keterangan tertulisnya di Surabaya, Sabtu, menjelaskan, 54 kapal laut itu disiagakan selama 22 hari, mulai 18 Desember 2022 hingga 8 Januari 2023.

"Kami siagakan di beberapa pelabuhan, seperti Tanjung Perak Surabaya, Tanjung Wangi Banyuwangi, Pelabuhan Gresik dan Kalianget Sumenep," kata Khofifah.

Dinas Perhubungan (Dishub) Jatim memprediksi jumlah penumpang moda laut musim liburan Natal dan Tahun Baru kali ini sebanyak 113.075 penumpang atau 5.140 penumpang per hari. Meningkat 128 persen dari periode yang sama tahun lalu, yakni total 49.705 penumpang atau 2.259 penumpang per hari.

Personel gabungan telah disiagakan untuk melancarkan arus penumpang di masa liburan Natal dan Tahun Baru menggunakan moda transportasi laut. Di antaranya dari Angkutan Sungai, Danau, dan Penyeberangan (ASDP) sebanyak 1.139 personel, Otoritas Pelabuhan 59 personel, Kesyahbandaran Utama Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya 48 personel, Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan 157 personel, Unit Penyelenggara Pelabuhan 25 personel, Badan Keamanan Laut 31 personel, dan Polisi Air 48 personel.

Gubernur Khofifah meminta agar pihak terkait dalam hal ini Otoritas Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya untuk meningkatkan koordinasi dengan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) kaitannya dengan update kondisi cuaca atau tinggi gelombang.

Berdasarkan informasi dari BMKG, pada 23-25 Desember 2022 diperkirakan ada peningkatan gelombang antara 2,5 - 4 meter, terutama di daerah Masalembu, Bawean, Sapudi dan Kangean. Sehingga kemungkinan ada penundaan keberangkatan kapal laut ke beberapa daerah tujuan. "Kewaspadaan perlu terus dilakukan untuk memastikan keselamatan dan keamanan dalam proses pelayaran agar para penumpang selamat dan lancar sampai tujuan," ujar dia.

Untuk itu, Khofifah juga meminta kepada penumpang moda transportasi laut untuk dapat bersabar apabila jadwal keberangkatan kapalnya mengalami keterlambatan dikarenakan faktor cuaca.

Baca juga: KPK amankan Rp1 miliar lebih hasil geledah Gedung DPRD Jatim
Baca juga: KPK geledah sejumlah kantor dinas Pemprov Jatim


Lebih lanjut, BMKG juga menyampaikan potensi terjadinya Banjir Rob di beberapa wilayah pesisir di Surabaya. Banjir rob disebabkan oleh kenaikan permukaan air laut, hingga air pasang yang menggenangi daratan, yang dapat mengganggu transportasi di sekitar pelabuhan dan pesisir, termasuk aktifitas petani garam dan perikanan, serta kegiatan bongkar muat di pelabuhan.

"Terkait informasi dari BMKG soal banjir rob, kami minta agar masyarakat terutama di wilayah pesisir terus waspada. Banjir Rob ini salah satunya dipengaruhi fase Bulan Baru yang mempengaruhi kondisi pasang surut terutama pada Desember ini," kata Khofifah.



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Jatim siapkan 54 armada kapal laut untuk antisipasi lonjakan penumpang