Pemkab Lombok Barat membantu nelayan kala cuaca ekstrem

id Lombok Barat,Cuaca Ekstrem,Keluarga Nelayan

Pemkab Lombok Barat membantu nelayan kala cuaca ekstrem

Wakil Bupati Lombok Barat Hj Sumiatun (kiri), menyerahkan bantuan kebutuhan pokok kepada keluarga nelayan di Kecamatan Labuapi, Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat, Jumat (6/1/2023). ANTARA/HO-Humas Lobar

Mataram (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat menyalurkan bantuan untuk  keluarga nelayan kurang mampu agar mereka tidak mengalami kerawanan pangan ketika tidak bisa melaut saat cuaca ekstrem.

"Pemberian bantuan sembako kepada masyarakat pesisir hari ini untuk mengantisipasi kerawanan pangan di wilayah Lombok Barat," kata Wakil Bupati Lombok Barat Hj Sumiatun pada penyerahan bantuan untuk masyarakat pesisir Pantai Endok, Desa Taman Ayu, Kecamatan Gerung, Lombok Barat, Jumat.

Sebanyak 145 kepala keluarga di Desa Taman Ayu, memperoleh bantuan berupa beras, masing-masing sebanyak 10 kilogram, minyak goreng, telur dan mi instan.

Bantuan serupa juga diberikan kepada para keluarga nelayan di Desa Kuranji Dalang, dan Kuranji Bangsal, Kecamatan Labuapi, Lombok Barat yang tidak bisa melaut akibat cuaca buruk.

Dalam kesempatan itu, Sumiatun juga memberikan semangat dan motivasi untuk para nelayan dan keluarganya agar tetap bersabar di saat musim cuaca buruk seperti sekarang ini.

"Kita selain menyambut tahun baru, kita juga menyambut bencana alam. Tapi Jangan putus asa, mari berdoa semoga cuaca buruk ini cepat berlalu," ujarnya.

Pemkab Lombok Barat, kata dia, akan berupaya mencarikan jalan keluar untuk meringankan beban para nelayan yang tidak bisa mencari nafkah untuk keluarganya akibat cuaca buruk.

Sumiatun juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Gubernur NTB H Zulkieflimansyah yang telah memperhatikan warga Kabupaten Lombok Barat, dengan turut memberikan bantuan bahan pangan.

"Insya Allah, semua akan dapat bantuan. Jangan lihat nilainya tapi bantuan ini bermanfaat untuk keluarga anak dan istri," kata Sumiatun.

Sementara itu, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Lombok Barat Hj Damayanti Widyaningrum mengatakan bantuan yang diberikan kepada nelayan yang tidak bisa melaut akibat cuaca buruk bersumber dari Pemerintah Provinsi NTB dan Pemerintah Lombok Barat.

Jumlah sasaran yang terdampak cuaca buruk, yakni di Desa Kuranji sebanyak 74 kepala keluarga atau 222 jiwa, Desa Kuranji Bangsal sebanyak 270 kepala keluarga atau 880 jiwa, dan sebanyak 145 kepala keluarga di Desa Taman Ayu.

"Bantuan sembako ini bisa turut meringankan beban para nelayan yang tidak bisa melaut akibat cuaca buruk," ujarnya.*