Wabup Sumbawa minta seleksi calon paskibraka adil-transparan

id Kabupaten Sumbawa,Anggota Paskibraka,Seleksi Paskibraka

Wabup Sumbawa minta seleksi calon paskibraka adil-transparan

Wakil Bupati Sumbawa Dewi Noviany, membuka secara resmi sosialisasi rekrutmen dan seleksi calon anggota Paskibraka Kabupaten Sumbawa 2023 di SMAN 3 Sumbawa, Selasa (28/2/2023). ANTARA/HO-Prokopim Sumbawa

Mataram (ANTARA) - Wakil Bupati Sumbawa Dewi Noviany meminta seleksi calon anggota pasukan pengibar bendera pusaka (paskibraka) dilakukan secara adil dan transparan sehingga menghasilkan calon-calon yang andal dan berkualitas.

"Proses rekrutmen dan seleksi paskibraka tahun ini, harus benar-benar dilaksanakan secara adil, terbuka, dan transparan sehingga menghasilkan calon-calon paskibraka yang andal dan berkualitas," katanya dalam keterangan resmi diterima di Mataram, Nusa Tenggara Barat, Selasa.

Ia membuka secara resmi sosialisasi rekrutmen dan seleksi calon anggota Paskibraka Kabupaten Sumbawa 2023 di SMAN 3 Sumbawa. Dia menjelaskan paskibraka merupakan program kaderisasi calon pemimpin bangsa yang berkarakter Pancasila dan bukan semata-mata program pengerek bendera. "Program tersebut juga menjadi bagian dari penyiapan calon pemimpin Indonesia masa depan yang mampu memahami dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila," ujarnya.

Ia meminta penggunaan aplikasi dalam proses rekrutmen dan seleksi calon anggota paskibraka menghasilkan sumber daya manusia yang mampu bersaing dengan kabupaten/kota lainnya di NTB maupun Indonesia.

Sebab, katanya, anak-anak paskibraka tidak hanya bertugas mengibarkan bendera pusaka di Kabupaten Sumbawa, tetapi juga akan diusulkan mengikuti seleksi di tingkat provinsi maupun nasional. "Kepada seluruh kepala sekolah se-Kabupaten Sumbawa agar benar-benar membina siswa siswinya supaya mereka memiliki kemampuan bersaing yang lebih unggul dari kabupaten/kota lainnya di NTB," ucap dia.

Kepala Bidang Ideologi Wawasan Kebangsaan dan Ketahanan Ekonomi Sosial Budaya dan Agama Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kabupaten Sumbawa Taufik Abdul Syukur mengatakan pelaksanaan program paskibraka tahun ini sesuai dengan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 51 Tahun 2023.

Baca juga: Anggota Paskibraka Lombok Tengah diharapkan menjadi pelajar berprestasi
Baca juga: Sekda NTB kukuhkan Paskibraka provinsi


Selain itu, Peraturan Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Nomor 3 Tahun 2022 tentang Koordinasi Pembinaan Program Paskibraka Berada di Kesbangpol. Ia menjelaskan pola rekrutmen dan seleksi calon anggota paskibraka tahun ini menggunakan sistem aplikasi transparansi paskibraka. "Pada aplikasi ini, para calon paskibraka mendaftar secara daring melalui laman BPIP. Begitu juga dengan para panitia harus mendaftar secara online (daring) juga," katanya.