PKS Bakal Usung Calon Kepala Daerah Sendiri

id PKS

Kader PKS yang akan dicalonkan harus memiliki beberapa kriteria khusus antara lain, memiliki keahlian manajemen, serta memiliki latar belakang agama dan aktif di kepartaian.
Mataram, (Antara)- DPD Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat bakal mengusung calon kepala daerah dari kadernya sendiri dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tingkat Kota Mataram pada Mei 2015.

"Dalam Pilkada Kota Mataram 2015 kami ingin mengusung calon wali kota atau wakil wali kota dari kader PKS," kata Ketua DPD PKS Kota Mataram, Abdul Malik Thalib di Mataram, Minggu.

Dikatakannya, kader PKS yang akan dicalonkan harus memiliki beberapa kriteria khusus antara lain, memiliki keahlian manajemen, serta memiliki latar belakang agama dan aktif di kepartaian.

"Namun demikian, kami belum dapat memastikan siapa kader PKS yang akan menjadi calon wali kota atau wakil wali kota karena keputusannya harus melalui syuro`," katanya.

Akan tetapi, katanya lagi, diakuinya jumlah perolehan kursi di DPRD Kota Mataram dari Pemilu Legislatif 9 April 2014 tidak mencukupi untuk mengusung kadidat calon kepala daerah sendiri, karena hanya mendapatkan tiga kursi.

Sementara untuk mengusung calon kepala daerah minimal harus memiliki enam kursi. Sehingga PKS membutuhkan partai yang siap untuk berkoalisi.

Dia mengatakan, dalam hal koalisi PKS terbuka asalkan partai tersebut memiliki komitmen yang sama dalam upaya meningkatkan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat Kota Mataram.

Abdul Malik, juga belum dapat memastikan apakah PKS akan mengusung calon wali kota atau calon wakil wali kota. Karena semua itu juga tergantung dari keputusan partai koalisinya nanti.

"Tetapi PKS memastikan, siap akan memberikan kandidat terbaik untuk calon wali kota maupun untuk calon wakil wali kota," katanya.

Menurutnya, untuk membahas persiapan Pilkada Kota Mataram 2015, paling lambat DPD PKS akan melaksanakan rapat sekaligus halal bihahal pada Selasa (5/8).

"Pada rapat itulah nanti kami akan melakukan berbagai persiapan untuk menghadapi Pilkada Kota Mataram 2015," katanya.

Ditanya apakah PKS akan kembali berkoalisi seperti dalam Pilkada 2010 yakni dengn Partai Golkar yang mengusung pasangan Ahyar-Mohan (AMAN) yang saat ini sedang menjabat sebagai Wali Kota dan Wakil Wali Kota Mataram, Abdul Malik mengatakan, hal itu bisa-bisa saja terjadi.

Akan tetapi, secara pribadi kadidat yang akan diusung memiliki konsep merubah Kota Mataram yang lebih maju dan merupakan pemimpin yang tegas dan berani.

Karena selama ini, PKS melihat dalam penempatan jabatan kepala SKPD, kepala daerah kurang memanfaatkan potensi SDM yang ada dan baru, sehingga pergantian kepala SKPD hanya berpurat di kalangan pejabat itu-itu saja.

"Hal ini tentu berdampak pada minimnya perubahan di Kota Mataram, dan perubahan terjadi pada titik tertentu saja. Sehingga kami sebagai tim koalisi merasa sedikit kecewa," katanya.