Pemkab Lombok Utara menggelar bursa kerja untuk kurangi pengangguran

id Lombok Utara,Bursa Kerja,Job Fair,Lowongan Kerja

Pemkab Lombok Utara menggelar bursa kerja untuk kurangi pengangguran

Wakil Bupati Lombok Utara Danny Karter Febrianto (tengah), berdiskusi dengan salah satu perwakilan perusahaan yang ikut dalam bursa kerja (job fair) di Kabupaten Lombok Utara, NTB, Rabu (15/3/2023). ANTARA/HO-Prokopim KLU

Lombok Utara (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat (NTB) menggelar bursa kerja (job fair) sebagai salah satu implementasi komitmen pemerintah daerah berkolaborasi dengan pihak swasta secara terpadu dalam upaya menekan angka pengangguran.

Bursa kerja yang digelar di halaman kompleks kantor bupati tersebut dibuka oleh Bupati Lombok Utara H Djohan Sjamsu bersama Wakil Bupati Danny Karter Febrianto, di Kabupaten Lombok Utara, Rabu.

"Saya mengapresiasi serta mendukung penuh penyelenggaraan kegiatan bursa kerja ini, sebagai upaya bersama dalam menekan angka pengangguran, sekaligus penerapan sistem rekrutmen tenaga kerja secara transparan dan kompetitif," kata Bupati Lombok Utara Djohan Sjamsu.



Ia mengatakan pemerintah terus mengupayakan pembangunan pada aspek ketenagakerjaan. Namun, problematika kemiskinan dan pengangguran masih kerap ditemukan di beberapa daerah.

Dalam menghadapi kondisi tersebut, pemerintah daerah mengupayakan perluasan kesempatan kerja secara cerdas dan inovatif, sehingga tercipta program kesempatan kerja yang bersifat ramah, salah satunya melalui kegiatan bursa kerja.

Menurut Djohan, melalui kegiatan bursa kerja dapat mendukung produktivitas tenaga kerja, sehingga dapat hidup layak, berkualitas dan sejahtera.

"Dengan peningkatan produktivitas kita mampu menaikkan keluaran potensial, sehingga perekonomian daerah meningkat secara berkelanjutan," ujarnya.

Kadis PMPTSP-Naker Lombok Utara Evi Winarni menyebutkan kegiatan bursa kerja pertama yang diselenggarakan oleh pemkab darah itu dengan target awal 10 perusahaan. Namun, seiring berjalannya waktu terdapat 21 perusahaan ikut berpartisipasi.



Ia menambahkan untuk target sasaran dalam bursa kerja melibatkan 21 perusahaan dari berbagai sektor usaha dan P3MI dengan penyediaan informasi lowongan kerja, baik yang berada di dalam maupun luar negeri dengan jumlah kebutuhan pekerja sebanyak 900 orang.

"Luar negeri 400 lowongan kerja, dalam negeri 500 pekerja. Selain itu, bursa kerja ini diikuti oleh ritel modern yang telah memiliki izin melaksanakan usaha di Kabupaten Lombok Utara," katanya.