Hasil Kualifikasi F1 GP Arab Saudi 2023: Sergio Perez raih pole position, Max Verstappen tersingkir

id F1,Formula 1,Red Bull Sergio Perez,Max Verstappen,Penyebab Max Verstappen tersingkir F1

Hasil Kualifikasi F1 GP Arab Saudi 2023: Sergio Perez raih pole position, Max Verstappen tersingkir

Arsip - Pebalap tim Red Bull Sergio Perez asal Meksiko menjalani Grand Prix Arab Saudi di Sirkuit Jeddah Corniche, Jeddah. (27/3/2022) (AFP/ANDREJ ISAKOVIC)

Jakarta (ANTARA) - Pebalap Red Bull Sergio Perez merebut pole position kedua dalam kariernya di Formula 1 setelah tampil tercepat pada sesi kualifikasi Grand Prix Arab Saudi, Jeddah, Sabtu, saat rekan satu timnya Max Verstappen mengalami kerusakan transmisi.

Max Verstappen tiba di Jeddah sebagai favorit pemegang pole menyusul penampilan dominan pada tiga sesi latihan bebas.

Namun, pemenang seri pembuka di Bahrain itu mengalami kerusakan teknis pada mobilnya saat melaju pada Q2 dan tereliminasi dalam perebutan 10 posisi start terdepan.

Red Bull mengonfirmasi mobil Verstappen, yang disematkan girboks baru untuk balapan di Jeddah, mengalami kerusakan driveshaft atau poros kardan.

Memanfaatkan absennya Verstappen, sang pebalap Meksiko mengulangi kesuksesannya di Jeddah dan untuk kedua kali secara beruntun akan start terdepan di Sirkuit Jeddah Corniche setelah mencatatkan 1:28,265 detik pada sesi terakhir kualifikasi, demikian laman resmi F1. "Q3 terasa sulit. Sayang sekali, Max sangat kuat sepanjang akhir pekan ini, tapi seperti yang kalian ketahui dengan mobil seperti ini masalah bisa terjadi kapan saja," kata Perez.

Charles Leclerc finis kedua untuk Ferrari dengan margin 0,155 detik namun akan menjalani penalti mundur 10 posisi start karena pergantian komponen power unit. Sedangkan Fernando Alonso meneruskan tren positif Aston Martin dengan finis ketiga berjarak 0,465 detik dari catatan pole Perez. Sang pebalap Spanyol akan mewarisi P2 menyusul penalti Leclerc.