Kantor Bahasa NTB mengedukasi bahasa Indonesia di daerah 3T

id Kantor Bahasa NTB,Bahasa Indonesia,Bahasa Indonesia di daerah 3T,Bahasa

Kantor Bahasa NTB mengedukasi bahasa Indonesia di daerah 3T

Kepala Kantor Bahasa Provinsi Nusa Tenggara Barat Puji Retno Hardiningtyas. (Foto: ANTARA/Nirkomala)

Mataram (ANTARA) - Kantor Bahasa Provinsi Nusa Tenggara Barat, saat ini melaksanakan program edukasi bahasa dan sastra Indonesia di daerah (terdepan, terpencil dan tertinggal), sebagai salah satu upaya diseminasi bahasa Indonesia di daerah ini.

Kepala Kantor Bahasa Provinsi Nusa Tenggara Barat Puji Retno Hardiningtyas di Mataram, Kamis mengatakan program edukasi bahasa dan sastra Indonesia di daerah 3T dilaksanakan dengan memberikan bantuan buku ke ratusan sekolah dasar di wilayah NTB.

"Buku bantuan yang kami berikan berupa buku-buku cerita sebab yang kita sasar adalah sekolah dasar (SD)," katanya.

Beberapa daerah yang mendapatkan bantuan buku antara lain di Kabupaten Lombok Utara (KLU) sebanyak 44 sekolah, kemudian di Lombok Tengah sebanyak 37 sekolah, dan satu sekolah di Kota Mataram yakni SDN 10 Ampenan.

Menurutnya, jumlah sekolah yang menjadi sasaran program edukasi bahasa Indonesia saat ini tercatat sekitar 300 sekolah lebih. Satu sekolah mendapatkan bantuan buku 1.578 eksemplar.

"Program edukasi bahasa dan sastra Indonesia dengan bantuan buku ini sudah kita mulai tahun 2022," katanya.

Dalam pelaksanaannya, Kantor Bahasa Provinsi NTB melakukan pendampingan bekerja sama dengan Balai Guru Penggerak dan Balai Peningkatan Mutu Pendidikan sebagai fasilitator dan literasi dengan memberikan edukasi bagaimana sekolah mengelola bantuan yang telah diberikan dengan maksimal agar target diseminasi bahasa Indonesia tercapai.