Pemkot: Perempuan miliki Ruang menjadi Pemimpin

id Wakil Wali Kota

Buktinya di Kota Mataram banyak pejabat dari kaum perempuan, bahkan asisten III perempuan
Mataram,  (Antara)- Wakil Wali Kota Mataram H Mohan Roliskana mengatakan, perempuan memiliki ruang dan kesempatan untuk menjadi pemimpin karena mereka mampu menunjukkan peran dalam menggerakkan pembangunan di daerah ini.

"Buktinya di Kota Mataram banyak pejabat dari kaum perempuan, bahkan asisten III perempuan," katanya di Mataram, Rabu, saat membuka latihan tentang "Kepemimpinan Wanita" dalam rangkaian peringatan Hari Ibu ke-69 yang dilaksanakan oleh Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kota Mataram.

Dikatakannya, Pemerintah Kota Mataram mendukung dan memberikan kesempatan yang seluas-luasnya kepada kaum perempuan untuk bersaing dengan laki-laki dalam pembangunan di daerah.

"Di Kota Mataram tidak ada istilah diskriminasi terhadap perempuan, silakah bersaing secara sehat dan wajar," ujarnya.

Menurutnya, selama perempuan dapat melaksanakan fungsinya, baik sebagai pemimpin, menjalankan karier, maupun mampu menjadi ibu rumah tangga serta mendidik anak dengan baik, tidak ada masalah.

"Asalkan jangan salah satu dari hal itu dikorbankan, mengingat peran perempuan sebagai ibu rumah tangga juga sangat besar dalam mendidik moral anak-anak sebagai generasi penerus," katanya.

Menyinggung sumber daya manusia (SDM) perempuan, wakil wali kota mengakui, saat ini SDM perempuan tidak kalah dengan laki-laki. Pada sektor-sektor publik, politik dan pemerintahan saat ini perempuan mulai banyak menempati posisi-posisi strategis.

"Hal ini membuktikan bahwa peran perempuan sudah mulai membaik seiring dengan peningkatan kualitas perempuan dari aspek pendidikan," katanya.

Sementara itu, Ketua GOW Kota Mataram ND Kinnastri Roliskana mengatakan kegiatan tersebut bertujuan untuk memberikan pemahaman terhadap perempuan tentang arti kepemimpinan agar mereka memiliki jiwa pemimpin.

"Seorang pemimpin belum tentu memiliki jiwa kepemimpinan," katanya.

Kegiatan itu diikuti lebih dari 60 perseta, perwakilan dari 23 organisasi wanita yang tergabung dalam GOW Kota Mataram.

"Kami berharap dengan adanya kegiatan ini, para perempuan di Kota Mataram mampu menjadi seorang pemimpin dengan yang memiliki jiwa kepemimpinan," ujarnya.