Muslim di Mataram tidak persoalkan perbedaan Idul Fitri

id Shalat Idul Fitri di Mataram,Shalat Id di Mataram,Perbedaan Idul Fitri di Mataram,Pemkot Mataram,Muhammadiyah,NU

Muslim di Mataram tidak persoalkan perbedaan Idul Fitri

Ketua DPRD Kota Mataram H Didi Sumardi, SH. (ANTARA/Nirkomala)

Mataram (ANTARA) - Ketua Dewan Pimpinan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Mataram H Didi Sumardi meminta Muslim di kota itu tidak mempersoalkan potensi perbedaan pelaksanaan Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah/2023 M.

"Sama atau beda, tidak ada masalah. Apalagi perbedaan ini sudah sering kita alami dan semua bisa berjalan bersama," katanya kepada sejumlah wartawan di Mataram, Kamis.

Pernyataan itu disampaikan menyikapi adanya potensi perbedaan penetapan 1 Syawal 1444 Hijriah, yakni Jumat pada tanggal 21 April dan Sabtu 22 April 2023.

Didi mengatakan, perbedaan 1 Syawal sudah terjadi sejak dulu di zaman nenek moyang dan semua bisa berjalan bersama dengan baik. Artinya, perbedaan itu tidak menjadi persoalan, justru saling menghormati apapun pilihannya.

"Jadi yang mau Shalat Id pada hari Jumat silakan, dan begitu juga hari Sabtu. Mari kita mengedepankan toleransi dan tidak menjadikan perbedaan sebagai hal yang tidak baik," katanya.

Sementara dalam hal ini Pemerintah Kota Mataram, pelaksanaan Shalat Idul Fitri 1444 Hijriah tetap mengikuti ketetapan pemerintah.

Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Setda Kota Mataram Fathoni Asfiandi sebelumnya mengatakan, pelaksanaan Shalat Id di Kota Mataram tersebar pada 11 lapangan.

"Pelaksanaan Shalat Id di 11 lapangan itu menjadi alternatif bagi warga sekitar, selain di Masjid," katanya.

Menurutnya, sebanyak 11 lapangan itu meliputi Lapangan Bhara Daksa Polda NTB, Lapangan Perumnas Kelurahan Tanjung Karang Permai, Lapangan Atletik Kelurahan Dasan Agung Baru, Lapangan TNI- AU Kelurahan Rembiga, Komplek Perguruan Muhammadiyah Mataram, Jalan Anyelir No 2 Mataram.

Selanjutnya, Lapangan Kampus Unram, Lapangan Kampus Muhamadiyah, Lapangan Mubarok BTN Kekalik Baru Pagesangan Barat, Parkiran Lombok Epicentrum Mall (LEM), Lapangan BTN Pagutan Permai (BPP), dan terakhir di Areal Parkir depan Mataram Mall Jalan Pejanggik Cakranegara.

Dari 11 lapangan itu, Pemerintah Kota Mataram akan menggelar kegiatan Shalat Id di Parkiran Lombok Epicentrum Mall dan akan dihadiri langsung oleh Wali Kota dan Wakil Wali Kota Mataram beserta istri dan keluarga.

"Shalat Id di parkiran Epicentrum diimami oleh Habib Hasan Al Idrus sekaligus menjadi khatib," katanya.