PAN NTB Bulat Dukung Hatta Rajasa Ketum

id Politik PAN

"Dukungan kami mutlak kepada Hatta Rajasa untuk menjadi ketua umum PAN,"
Mataram, (Antara NTB) - Dewan Pimpinan Wilayah PAN Nusa Tenggara Barat secara bulat mendukung Hatta Rajasa menjadi calon Ketua Umum PAN dalam kongres III partai berlambang matahari terbit itu yang akan digelar 28 Februari.

"Dukungan kami mutlak kepada Hatta Rajasa untuk menjadi ketua umum PAN," tegas Sekretaris DPW PAN NTB Ali Ahmad di Mataram, Rabu.

Menurut dia, dalam kongres yang akan digelar 28 Februari itu, dukungan pada Hatta Rajasa bukan kali pertama diberikan NTB. Tetapi di tahun 2010 silam, PAN NTB juga memberikan dukungan pada mantan menteri Koordinator Perekonomian itu.

"Saya nyatakan suara kami ini bulat dan tidak akan terpecah-pecah," ujarnya.

Ia menambahkan, dukungan terhadap Hatta Rajasa juga sudah disampaikan seluruh pengurus DPD PAN se NTB. Dimana, dari 13 suara yang menjadi hak NTB nanti pada kongres yang rencananya digelar 28 Februari itu akan diberikan kepada besan mantan Presiden Susilo Bambang Yudoyono (SBY) itu.

"Dukungan ini juga sudah kami sampaikan kepada Hatta Rajasa, sebelum Rakernas yang berlangsung di Jakarta 7 Januari lalu," katanya.

Ali yang juga merupakan Ketua Komisi I DPRD NTB ini, mengatakan ada beberapa pertimbangan sehingga DPW PAN NTB lebih memilih Hatta Rajasa ketimbang calon lainnya.

Diantaranya, beberapa rekam jejak positif Hatta Rajasa, sebutnya Hatta Rajasa berpengalaman di pemerintahan selama 14 tahun.

Selanjutnya, lebih senior dari kader lainnya, dan terpenting mampu menjadi penyeimbang antara legislatif dan eksekutif.

"Bukti itu kita bisa lihat bagaimana peran Hatta Rajasa dalam menyatukan kubu-kubu yang berseteru di legislatif antara Koalisi Merah Putih (KMP) dan Koalisi Indonesia Hebat (KIH)," ucapnya.

Selain itu, katanya, Hatta Rajasa merupakan sosok yang paling tepat untuk memimpin PAN lima tahun ke depan. Ini bisa dilihat saat pemilihan calon presiden dan wakil presiden saat Hatta Rajasa berpasangan dengan Prabowo Subianto.

"Bagaimana manajerial dan kemampuan serta kecerdasan Hatta Rajasa sudah dibuktikan dan tidak ada yang meragukan itu," katanya menambahkan.

Sementara itu, disinggung terkait peta dukungan politik terhadap dua kandidat kuat ketua umum PAN, incumbent Hatta Rajasa dan Zulkifli Hasan.

Ali menyatakan kalaupun ada dukungan di luar Hatta, pihaknya mempersilahkan karena hal itu merupakan hak masing-masing kader untuk menentukan sebuah pilihan. Tetapi, dirinya menegaskan bahwa DPW dan DPD PAN se NTB mendukung kembali Hatta Rajasa menjadi ketua umum PAN.

Begitu juga dengan yang terjadi di Majelis Pertimbangan Partai (MPP) yang di ketuai Amie Rais lebih mendukung Zulkifli Hasan.

"Sebagai junior di kader, kami menilai sangat wajar. Terlebih, lagi pak Amin Rais sudah seperti orang tua bagi kami di PAN. Yang jelas hasil akhir nanti semua ada di kongres, tetapi sekali lagi dukungan kita kepada Hatta Rajasa sudah bulat," kata Ali Ahmad menegaskan. (*)