Harga harga cabai naik untungkan petani di Lombok Tengah

id harga cabai di Lombok Tengah,harga cabai,cabai Lombok Tengah,Distan Lombok Tengah,Lombok Tengah

Harga harga cabai naik untungkan petani di Lombok Tengah

Kabid Perkebunan Dinas Pertanian Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, Zaenal Arifin (ANTARA/Akhyar)

Praya, Lombok Tengah (ANTARA) - Dinas Pertanian Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat menyatakan, kenaikan harga bumbu dapur seperti cabai, tomat maupun bawang yang terjadi menguntungkan para petani. "Harga bumbu dapur saat ini cukup menguntungkan petani dan itulah yang diharapkan," kata Kepala Bidang Perkebunan Dinas Pertanian Kabupaten Lombok Tengah, Zaenal Arifin di Praya, Selasa.

Dengan harga saat ini bisa menjadi motivasi para petani untuk tetap menanam cabai, tomat maupun tanaman lainnya. "Harga cabai itu Rp40 ribu per kilogram dari harga sebelumnya Rp30 ribu per kilogram," katanya.

Pada musim hujan itu tidak banyak petani yang tanam cabai atau tomat, karena kendala yang dihadapi cukup berat terlebih kondisi cuaca awal tahun itu cukup ekstrem. "Artinya membutuhkan perawatan yang cukup tinggi dan luas tanam cabai juga berkurang," katanya.

Produksi cabai saat ini berkurang, karena luas tanam cabai pada musim hujan itu mencapai puluhan hektar. Sedangkan pada musim kemarau ini luas tanam cabai bisa mencapai 400 hektar. "Rata-rata petani cabai saat ini baru mulai tanam. Produksi berkurang dan permintaan saat ini meningkatkan menjelang hari Raya Idul Adha," katanya.

Sebelumnya, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Lombok Tengah menyatakan, harga cabai rawit pasca lebaran mengalami kenaikan Rp 40 ribu per kilogram bila dibandingkan dengan harga sebelumnya Rp30 ribu per kilogram. "Kenaikan bumbu dapur saat ini antara Rp2 ribu hingga 10 ribu," kata Kepala Bidang Perdagangan pada Disperindag Lombok Tengah, Roro Mulyaningsih.

Baca juga: Harga cabai di Lombok Tengah naik menjadi Rp40 ribu per kilogram
Baca juga: Harga cabai rawit di awal Ramadhan di Lombok Tengah naik


Selain cabai rawit yang mengalami kenaikan, kebutuhan bumbu dapur seperti cabai keriting naik Rp 27 ribu per kilogram dari harga sebelumnya Rp25 ribu per kilogram. Cabai merah besar naik menjadi Rp25 ribu per kilogram dari harga sebelumnya Rp22 ribu per kilogram. 

Sedangkan harga bawang merah naik menjadi Rp30 ribu per kilogram dari harga sebelumnya Rp38 ribu per kilogram dan bawang putih naik menjadi Rp40 ribu per kilogram dari harga sebelumnya Rp22 ribu per kilogram. "Harga Tomat juga naik dari Rp7 ribu per kilogram naik menjadi Rp10 ribu per kilogram," katanya.