Mengecek kelulusan PPDB tak perlu berkerumun ke sekolah

id Bengkulu, ppdb, sma,PPDB Bengkulu

Mengecek kelulusan PPDB tak perlu berkerumun ke sekolah

Salah seorang warga Kota Bengkulu mengecek kelulusan seleksi PPDB untuk tingkat SMA di Provinsi Bengkulu, di Bengkulu, Senin. (ANTARA/Boyke Ledy Watra)

Bengkulu (ANTARA) - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Bengkulu mengajak pendaftar atau orang tua pendaftar PPDB agar mengecek kelulusan secara mandiri lewat laman daring yang telah disiapkan dan tidak berkerumun datang ke sekolah atau dinas pendidikan setempat.
 
"Calon siswa yang ada di Provinsi Bengkulu dapat melihat pengumuman di laman resmi PPDB Provinsi Bengkulu, jadi tidak usah orang tua atau siswa melihat pengumuman datang ke sekolah-sekolah yang dituju atau ke kantor Dikbud," kata Kepala Bidang Pembinaan SMA Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Bengkulu Three Marnope di Bengkulu, Senin.
 
Dia mengatakan, para pendaftar atau orang tua pendaftar dapat mengakses laman ppdb.bengkuluprov.go.id. Mereka dapat mengecek langsung di laman per sekolah SMA yang dituju. "Ya, silakan dilihat saja melalui laman daring itu bisa melalui gawai, bisa melalui internet lainnya. Jadi tidak usah bertentangan berkerumun ke sekolah karena memang kami sudah fasilitasi melalui laman yang resmi untuk provinsi Bengkulu," ucapnya.
 
Berkerumun ke sekolah berpotensi mengganggu keamanan dan ketertiban masyarakat. Kalaupun ada kendala atau proses selanjutnya seperti pendaftaran ulang, menurut Three, barulah pendaftar datang langsung menanyakan ke sekolah tempat mendaftar.
 
Pada Senin 26 Juni 2023 ini, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Bengkulu mengumumkan kelulusan PPDB jalur prestasi, afirmasi dan anak yang ikut orang tua pindah. "Untuk PPDB 2023/2004 hari ini kami umumkan di tiga jalur yang sudah mendaftar, diumumkan pukul 13.00 WIB. Silakan untuk masyarakat, calon siswa yang ada di Provinsi Bengkulu untuk dapat melihat pengumuman di laman resmi," ujarnya.

Baca juga: Pemkot Mataram mengoptimalkan jalur zonasi untuk pemerataan siswa
Baca juga: Penyelenggaraan PPDB libatkan Dinas Kependudukan Mataram
 
Sementara untuk jalur zonasi, kata Three, panitia PPDB untuk tingkat SMA akan membuka pendaftaran pada 27 Juni sampai 3 Juli 2023. "Kami banyak longgarkan waktunya karena yang mendaftar akan ribuan, sehingga setiap anak berpeluang untuk mendaftar," ujarnya.