Batam tekankan pentingnya gunakan bahasa Indonesia pada OPD

id Kepri,batam,kantor bahasa ,bahasa indonesia,OPD

Batam tekankan pentingnya gunakan bahasa Indonesia pada OPD

Sekretaris Daerah Kota Batam Jefridin Hamid (tengah) membuka "Penyuluhan Peningkatan Kemahiran Berbahasa Indonesia bagi Pegawai Instansi Pemerintah Kota Batam" di Batam, Kepri, Selasa (25/7/2023). ANTARA/HO-Pemkot Batam

Batam (ANTARA) - Pemerintah Kota Batam, Kepulauan Riau, menekankan pentingnya penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar kepada pegawai organisasi perangkat daerah (OPD). Sekretaris Daerah Kota Jefridin Hamid di Batam, Selasa (25/7), mengatakan bahwa bahasa merupakan identitas negara yang dapat menyatukan kemajemukan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). "Bahasa yang baik kuncinya adalah komunikatif. Dikatakan baik apabila antara yang menyampaikan dengan penerimanya bisa nyambung," ujar Jefridin.
 

Jefridin berharap melalui penyuluhan peningkatan kemahiran berbahasa Indonesia dapat memberikan ilmu dan pengetahuan yang bermanfaat bagi pegawai di lingkungan Pemkot Batam. Atas nama Pemerintah Kota Batam, dia menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada Kantor Bahasa Kepri atas terselenggaranya kegiatan ini bagi pegawai di lingkungan Pemkot Batam.

Ia mengharapkan mereka yang telah mengikuti kegiatan tersebut dapat mengatur dan menggunakan bahasa Indonesia dengan baik dan benar. Penerjemah Bahasa Ahli Muda Kantor Bahasa Provinsi Kepulauan Riau Faisal Gazalo menuturkan bahwa pegawai instansi pemerintahan melalui kegiatan ini dapat meraih informasi lebih banyak terkait dengan penulisan nama lembaga, dokumen surat-menyurat, kemudian dapat menganalisisnya.

"Hasil dari analisis yang sudah didapat akan diulas melalui kegiatan ini. Harapan melalui acara ini, peserta mulai melek terhadap penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar," kata Faisal. Faisal Gazalo menyebutkan terdapat 45 lembaga yang dibina oleh Kantor Bahasa Kepri yang terbagi dalam tiga kelompok, yaitu instansi pemerintah, lembaga swasta, dan lembaga pendidikan.

Baca juga: ISPA masuk daftar penyakit paling banyak diidap di Batam
Baca juga: Transportation Minister highlights port management in visit to Batam

"Lembaga pendidikan fokus pada sekolah. Jadi, fokusnya lebih pada bagian tata usaha (TU) di sekolah yang biasanya mengeluarkan surat-surat dinas," ujar dia.