DLH Mataram menuntaskan penataan 1,8 kilometer median Jalan Udayana

id Mataram tata median jalan Udayana

DLH Mataram menuntaskan penataan 1,8 kilometer median Jalan Udayana

Sejumlah pekerja melakukan penataan median jalan sepanjang Jalan Udayana Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat, untuk mempercantik kawasan tersebut, Sabtu (12/8-2023) (Foto: ANTARA/Nirkomala)

Mataram (ANTARA) - Dinas Lingkungan Hidup Kota Mataram Provinsi Nusa Tenggara Barat telah menuntaskan penataan median jalan sepanjang 1,8 kilometer di Jalan Udayana.

"Alhamdulillah, penataan median jalan di sepanjang Jalan Udayana akhirnya selesai. Kini tinggal dicat dan yang terpenting perawatan ke depan," kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Mataram HM Kemal Islam di Mataram, Kamis.

Menurutnya, kegiatan penataan median jalan tersebut dilaksanakan dalam tiga tahap dengan total anggaran Rp600 juta. Satu tahap dianggarkan Rp200 juta.

"Dari 1,8 kilometer media jalan yang sudah ditata, yang dikerjakan tahun 2023 dengan anggaran Rp600 juta itu sekitar 600 meter. Sisanya, sudah kita kerjakan pada akhir 2022," katanya.

Menurutnya, penataan median jalan di Jalan Udayana tersebut sebagai tindak lanjut dari pemotongan puluhan pohon palem yang selama ini dinilai mengganggu pertumbuhan bunga di median jalan.

Jumlah pohon palem di sepanjang Jalan Udayana yang ditebang secara bertahap sekitar 80 pohon. Penebangan dilakukan karena bagian dalam batang pohon palem sudah keropos sehingga dikhawatirkan tumbang ketika terjadi angin kencang.

Selain itu, akar pohon palem berbahaya dan merusak taman yang dipenuhi bunga dan tanaman hias di sekitarnya, sehingga jika pohon palem dibiarkan akarnya akan mengalahkan tanaman-tanaman bunga yang ada.

"Jadi lebih baik kita korbankan pohon palem daripada bunga di sekitarnya rusak, sebab hampir setiap tahun dua kali kita lakukan penyisipan-penyisipan tapi selalu kalah dengan akar palem," katanya.

Karena itulah, sambungnya, setelah ditebang DLH tidak melakukan pergantian jenis pohon yang sama untuk ditanam di Jalan Udayana.

"Akan tetapi, kita memilih jenis bunga yang berbunga untuk mempercantik ruas jalan Udayana," katanya lagi.