Pemkot Mataram menyiapkan penyesuaian tarif retribusi sampah

id Mataram akan sesuaikan tarif sampah,tarif sampah,Mataram,DLH

Pemkot Mataram menyiapkan penyesuaian tarif retribusi sampah

Aktivitas petugas kebersihan dalam penanganan sampah di Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat. (FOTO ANTARA/Nirkomala)

Mataram (ANTARA) - Pemerintah Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat, menyiapkan konsep penyesuaian tarif retribusi sampah sebagai salah satu upaya meningkatkan pendapatan daerah.

Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Mataram Irwansyah di Mataram, Selasa, mengatakan, rencana penyesuaian tarif retribusi sampah tersebut dilakukan atas berbagai pertimbangan dan kajian.

"Pertimbangannya antara lain, kenaikan biaya operasional baik pemeliharaan maupun harga bahan bakar minyak, serta regulasi retribusi yang sudah lama tidak diperbaharui," katanya.

Terkait dengan itu, lanjutnya, saat ini pihaknya bersama tim sedang menyiapkan konsep untuk penyesuaian tarif retribusi sampah baik untuk rumah tangga, pasar, maupun tempat usaha seperti pertokoan, hotel, dan lainnya.

"Dengan rencana penyesuaian tarif retribusi sampah direncanakan mengalami kenaikan 100 persen," katanya.

Ia menilai rencana penyesuaian tarif retribusi sampah itu dinilai tidak akan memberatkan masyarakat sebab biaya tarif retribusi sampah yang dibayarkan saat ini relatif kecil.

Misalnya, untuk pedagang bakulan di pasar hanya dikenakan tarif retribusi sampah Rp1.000 per bulan, sementara petugas melakukan pengangkutan setiap hari atau 30-31 kali per bulan.

"Jadi kalau kita lakukan penyesuaian menjadi Rp2.000 per bulan, saya rasa pedagang tidak akan keberatan. Begitu juga untuk pelaku usaha lainnya," katanya.