Desa Wisata Bonjeruk targetkan penonton MotoGP 2023

id Desa Wisata Bonjeruk,MotoGP,Mandalika,Lombok Tengah

Desa Wisata Bonjeruk targetkan penonton MotoGP 2023

Areal persawahan di Desa Bonjeruk, Kecamatan Jonggat, Kabupaten Lombok Tengah yang menjadi salah satu objek wisata pedesaan di Pulau Lombok. Foto dokumen Lombok Travel Mart . (/)

Mataram (ANTARA) - Desa Wisata Bonjeruk, Jonggat, Lombok Tengah, menargetkan penonton MotoGP 2023 baik dari nasional maupun internasional, berkunjung ke desa tersebut.

"Acara MotoGP tahun sebelumnya memberikan dampak besar terhadap wisata di sini, peningkatannya pun mencapai 20 persen," kata Gunandi sahawan, pengelola Desa Wisata Bonjeruk, Rabu.

Padatnya penonton MotoGP pada tahun sebelumnya, kata dia, menjadi dorongan pengurus Desa Wisata Bonjeruk untuk mempromosikan desa tersebut dalam menarik wisatawan. Pagelaran MotoGP memberikan dampak yang nyata bagi perkembangan perekonomian melalui potensi industri pariwisata.

Sebelumnya, Desa Wisata Bonjeruk mendapatkan pengesahan secara langsung dari Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Shalahudin Uno pada 2021, bahkan masuk dalam 50 besar jajaran desa terbaik internasional,

Desa Wisata Bonjeruk diinisiasi oleh Usman, Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) pada 2017 dan terealisasikan pada 2018. 

Selain dari sektor parwisata, desa ini juga mengandalkan adat dan kebudayaan sasak sebagai penambah daya tarik para wisatawan, serta menambahkan makanan khas dari daerah tersebut, yaitu Ayam Merangkat.

Hingga saat ini, persentase pengunjung Desa Wisata Bonjeruk terdiri dari 80 persen wisatawan lokal dan 20 persen mancanegara.