Pemkab Lombok Tengah meningkatkan SDM operator PPID

id PPID ,Pemkab Lombok Tengah

Pemkab Lombok Tengah meningkatkan SDM operator PPID

Pelatihan PPID yang digelar Pemkab Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, di kantor bupati setempat, Selasa (26/9/2023). (ANTARA/HO-Humas Pemkab Lombok Tengah)

Praya, Lombok Tengah (ANTARA) - Diskominfo Kabupaten Lombok Tengah bersama Komisi Informasi Provinsi NTB menggelar pelatihan bagi operator Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan puskesmas untuk meningkatkan kapasitas dan kualitas pelayanan.

"Kegiatan ini diharapkan bisa meningkatkan pelayanan kepada masyarakat," kata Kepala Diskominfo Kabupaten Lombok Tengah, H Muhammad saat membuka acara tersebut di kantor bupati setempat, Selasa.

Sebanyak 57 peserta hadir dalam pelatihan ini, terdiri dari admin PPID OPD dan PPID puskesmas se-Kabupaten Lombok Tengah. Pelatihan ini diadakan secara hibrida, di mana PPID puskesmas dapat mengikuti pelatihan melalui aplikasi Zoom.

"Tujuan dari pelatihan ini adalah memberikan pemahaman yang lebih mendalam kepada para peserta mengenai peraturan terkait PPID dan keterampilan teknis yang diperlukan dalam mengelola sistem informasi PPID," katanya.

Materi pelatihan mencakup aspek-aspek penting terkait PPID, seperti peraturan, manajemen, teknik pengelolaan PPID, dan pemanfaatan sistem informasi PPID. Narasumber pelatihan berasal dari Komisi Informasi Provinsi NTB, yang dihadiri langsung oleh Ketua Komisi Informasi NTB, Sansuri.

"Pelatihan ini dapat memberikan pemahaman yang utuh kepada Admin PPID," kata Sansuri.

Mereka diharapkan dapat memiliki keterampilan teknis yang diperlukan dalam mengelola sistem informasi PPID.

“Dengan peningkatan kapasitas ini, diharapkan jumlah sengketa informasi publik di lingkup Pemerintah Kabupaten Lombok Tengah semakin berkurang, sehingga pelayanan informasi publik dapat berjalan lebih efektif dan transparan," katanya.*