Pememerintah bersama Gapopin tingkatkan kualitas kesehatan mata di Manado

id gapopin, manado, mata, wawali richard sualang, sulut

Pememerintah bersama Gapopin tingkatkan kualitas kesehatan mata di Manado

Wakil Wali Kota Manado Richard Sualang, menghadiri serta membuka secara resmi Rakernas Gabungan Pengusaha Optik Indonesia (Gapopin), di hotel Luwansa Manado, Sabtu (28/10/2023). ANTARA/Nancy L Tigauw.

Manado (ANTARA) - Pemerintah kota (Pemkot) Kota Manado, Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), bersama Gabungan Pengusaha Optik Indonesia (Gapopin) tingkatkan kualitas kesehatan mata di  daerah itu.

Wakil Wali Kota Manado Richard Sualang, di Manado, Sabtu, mengatakan pemerintah berharap Gapopin dapat melakukan konsolidasi terkait program kegiatan untuk dapat meningkatkan  derajat kesehatan mata  bagi masyarakat di daerah itu.

Rakernas ini diharapkan mendapatkan kesepakatan untuk meningkatkan kualitas mata masyarakat di Manado dan sekitarnya. Ketua Dewan Pimpinan Pusat Gapopin Soelianto Rusli mengatakan pihaknya akan terus bersinergi dalam upaya memperluas dan meningkatkan pelayanan kesehatan masyarakat terlebih khusus untuk kesehatan mata.

Pihaknya memberikan kesempatan bagi masyarakat untuk mendapat literasi lebih banyak tentang berbagai masalah penglihatan, termasuk pencegahan dan penanganan penyakit mata.

Ia mengatakan pemeriksaan mata secara rutin juga sebagai bentuk pencegahan terjadinya gangguan kesehatan mata, karena kondisi penglihatan yang terganggu bisa mempengaruhi kualitas hidup manusia.

Baca juga: Waspada ujaran kebencian di tahun politik
Baca juga: Kemenag tingkatkan kualitas guru di madrasah


Pihaknya akan terus mengingatkan kepada setiap orang pentingnya pemeriksaan mata rutin. Masyarakat diingatkan bahwa masalah penglihatan bisa muncul tanpa gejala yang nyata, sehingga pemeriksaan mata berkala sangatlah penting untuk mendeteksi dan mengobati masalah sejak dini.