PESAWAT TEMPUR CANGGIH AS DIKERAHKAN KE JEPANG

id

Kadena, Jepang (ANTARA) - Jet pertama dari 12 pesawat tempur canggih F-22 milik militer AS mendarat di pulau Okinawa di Jepang selatan pada hari Sabtu, Seperti diberitakan Reuters.

Pesawat itu tiba beberapa hari setelah Korea Utara membuat ngeri kawasan itu dengan meledakkan sebuah bom nuklir.

Kedatangan pesawat di pangkalan angkatan udara di Kadena itu menyusul sikap Presiden AS Barack Obama yang menjamin komitmen Washington untuk pertahanan sekutu Asianya itu.


"Pengerahan itu menekankan komitmen AS pada Jepang sebagai mitra regional sangat penting dan mengisyaratkan ketetapan hati AS untuk menjamin stabilitas dan keamanan di seluruh kawasan Pasifik," kata pejabat Angkatan Udara AS dalam suatu pernyataan, Jumat.

Pesawat itu, juga dikenal sebagai Raptor, berangkat dari pangkalan induk di Langley, Virgina, awal pekan ini, dan direncanakan akan dikerahkan selama empat bulan. Okinawa adalah pangkalan bagi sebagian besar dari 50.000 personel militer AS di Jepang.

Korea Utara telah menembakkan serangkaian rudal jarak pendek menyusul uji coba nuklirnya dan laporan-laporan Sabtu mengatakan negara itu tampaknya akan siap untuk meluncurkan sebuah rudal jarak jauh.

Gelisah akan maksud Pyongyang telah memicu seruan pada Jepang untuk mengembangkan kemampuan untuk menyerang markas musuh jika sekiranya serangan (Korea Utara) sudah dekat, meskipun konstitusinya cinta damai.(*)