Komunitas di Mataram mengajak UMKM tumbuhkan minat bisnis mahasiswa

id km mataram, talkshow and workshop, bangkitkan minat usaha mahasiswa

Komunitas di Mataram mengajak UMKM tumbuhkan minat bisnis mahasiswa

KM Mataram bersama CIMB Niaga Syariah Mandalika dan Universitas Muhammadiyah Mataram (UMMAT) berfoto bersama peserta kegiatan "Business Talkshow and Workshop" dari kalangan mahasiswa di Auditorium UMMAT, Mataram, NTB, Senin (11/3/2024). (ANTARA/HO-KM Mataram)

Mataram (ANTARA) - Komunitas Kejar Mimpi (KM) Mataram, Nusa Tenggara Barat mengajak pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) untuk mengembangkan minat bisnis di kalangan mahasiswa melalui acara "Business Talkshow and Workshop".

"Kegiatan dengan tujuan pengembangan UMKM serta pemberdayaan generasi muda khususnya di Mataram ini kami laksanakan berkat dukungan CIMB Niaga Syariah Mandalika dan Universitas Muhammadiyah Mataram (UMMAT)," kata Head Project Business Talkshow and Workshop Emha Islahul Ardhoni Jusri dalam keterangan tertulis yang diterima di Mataram, Senin.

Dia menjelaskan, kegiatan yang digelar di Auditorium UMMAT dengan mengangkat tema "Empowering Dream, be Youngpreneur" tersebut merupakan wujud pemberian kesempatan kepada para pelaku UMKM di kalangan mahasiswa agar memperoleh pengetahuan dan keterampilan bisnis, serta cara mempromosikan produk.

"Lebih jauh, kegiatan ini tentunya dapat menjadi wadah untuk membangun komunitas bisnis yang solid dan berdaya saing, serta mendukung pertumbuhan ekonomi lokal, dengan kehadiran CIMB Niaga Syariah sebagai mitra bagi pebisnis, dalam merintis perjalanan bisnisnya," ucapnya.

Adapun UMKM yang hadir dalam kegiatan tersebut yakni JPstar Konveksi, Jemarinyadia, dan juga beberapa booth FnB di antaranya Miniren Food, Fruit Jelly Ball, Yopyop Drink, Piring Penuh, Rainbow Haven, Happines Foody, Dapur Sehat, Afi's Cake, dan Miniella Mushroom.

Zawil Fikri, Leader KM Mataram turut menjelaskan, kegiatan bincang-bincang bisnis ini menggandeng beberapa instansi sebagai pembicara yaitu Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Dinas Perdagangan NTB, CIMB Niaga Syariah, serta akademisi dari UMMAT.

"Kami hadirkan beberapa pembicara yang memang sejalan dengan tujuan kegiatan, agar pemahaman terkait bisnis, khususnya mahasiswa, tidak hanya sebatas pengetahuan dalam kelas, tapi kami hadirkan praktisinya langsung," ujar dia.

Zawil menyebut kegiatan yang berlangsung tidak hanya diikuti oleh mahasiswa dari UMMAT selaku tuan rumah, tapi juga mahasiswa perwakilan dari beberapa universitas yang ada di Pulau Lombok.

"Peserta kita lebih dari 200 mahasiswa termasuk dari UMMAT, STIT Palapa Nusantara, STAI Al-Amin, IAI Nurul Hakim, STID Mustafa Ibrahim Al-Islahuddiny, dan juga STIS Darul Falah," katanya.

Dalam kegiatan tersebut juga digelar "Workshop Business Plan" dalam bentuk Forum Grup Discussion (FGD), permainan, termasuk pembagian hadiah untuk beberapa kategori lomba yang diadakan.

Zawil mengatakan berjalan suksesnya kegiatan tersebut tentu tidak lepas dari peran serta seluruh elemen yang terlibat mulai dari mitra, pembicara, media partner hingga pengisi materi yang hadir secara langsung meramaikan jalannya kegiatan.

"Untuk ke depannya, tentu kami akan terus berkolaborasi dengan seluruh elemen terkait agar apa yang menjadi harapan komunitas kami, apa yang menjadi visi CIMB Niaga Syariah dapat diwujudkan dalam bentuk generasi muda yang berdaya," ujar Zawil.