Enzo Maresca ditunjuk jadi pelatih baru Chelsea

id Chelsea, Enzo Maresca, Leicester City,Liga Inggris, Liga Premier Inggris

Enzo Maresca ditunjuk jadi pelatih baru Chelsea

Enzo Maresca berhasil membawa Leicester City juara Divisi Championship dan kembali ke Liga Premier Inggris musim depan. ANTARA/Dok-Leicester City

Jakarta (ANTARA) - Chelsea dikabarkan akan segera menunjuk Enzo Maresca sebagai pelatih baru mereka, dengan kontrak berdurasi dua tahun telah disepakati oleh kedua pihak.

Menurut laporan pakar transfer sepak bola Fabrizio Romano, Chelsea tinggal memfinalisasi kontrak Maresca sebelum secara resmi mengumumkan kedatangannya.

"Chelsea dan Enzo Maresca sudah menyetujui kontrak dua tahun dengan opsi perpanjangan atau kontrak berdurasi tiga tahun," tulis Romano di akun X-nya pada Senin.

Laporan tersebut juga mengatakan bahwa Chelsea akan membayar uang ke Leicester City sebagai kompensasi merekrut Maresca.

The Blues dilaporkan harus keluar uang sekitar 10 juta Euro (sekitar Rp205 miliar) untuk mendatangkan pelatih asal Italia itu.

Baca juga: Pochettino resmi mengundurkan diri dari Chelsea

Sejak pekan lalu, Chelsea memang tengah gencar mencari pelatih baru sejak memecat Mauricio Pochettino di akhir musim ini.

Menurut laporan Romano, Chelsea sangat tertarik mempekerjakan Maresca sebagai pelatih mereka karena memiliki rekam jejak yang bagus.

Di musim lalu, dia berhasil membawa Leicester City menjuarai Championship dan promosi ke Liga Premier Inggris dan dinilai punya talenta yang luar biasa sebagai pelatih.

Dia juga pernah bekerja sebagai asisten Pep Guardiola di Manchester City dan membantu pelatih asal Spanyol itu menjuarai dua trofi Liga Premier Inggris musim 2020 dan 2021.

Dia kemudian ditunjukkan untuk melatih klub Serie B, Parma yang saat itu diperkuat kiper Gianluigi Buffon. Namun, dia gagal membawa klub itu promosi ke Serie A.

Pada 2023, Maresca sepakat untuk melatih Leicester City dan sukses membawa klub ini juara Divisi Championship sekaligus promosi ke Liga Premier Inggris musim depan.

Baca juga: Pelatih Pochettino tak takut dipecat Chelsea