Box panel PJU di jalan Bypass Mandalika dicuri

id Box panel PJU ,Jalan Bypass Bandara-Mandalika ,Lombok Tengah ,NTB

Box panel PJU di jalan Bypass Mandalika dicuri

PJU di jalan protokol Kota Praya, Kabupaten Lombok Tengah, Provinsi NTB (ANTARA/Akhyar Rosidi)

Praya, Lombok Tengah (ANTARA) - Box panel penerangan jalan umum (PJU) yang ada di jalan Bypass Bandara-Mandalika, Kabupaten Lombok Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), diduga hilang dicuri maling.

"Kondisi PJU di jalan Bypass itu kembali dalam kondisi gelap gulita pada malam hari. Padahal belum lama ini baru selesai dilakukan perbaikan," Kata Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Lombok Tengah, H Lalu Herdan di Praya, Rabu.

Aksi pencurian di jalan Bypass yang terjadi kali merupakan aksi yang ke sekian kalinya, setelah sebelumnya kabel PJU hilang dan pemerintah sempat melakukan perbaikan agar normal.

“PJU yang di Bypass ini tanggung jawab dari pemerintah pusat, kita dapat informasi hilangnya box panel ini juga dari Balai Pengelola Transfortasi Darat (BPTD)," katanya.

Box PJU itu hilangnya diketahui saat tim dari BPTD melakukan pengecekan untuk dilakukan pemeliharaan rutin. Sebelumnya pasca pencurian kabel PJU dan dilakukan perbaikan, dari BPTB juga intens melakukan pemeliharaan.

Namun ternyata saat turun melakukan pengecekan ditemukan ada beberapa isi dalam di box yang hilang yang secara otomatis membuat PJU ini kembali tidak berfungsi.

“Dalam satu box panel inikan bisa untuk puluhan lampu, jadi sekarang ada tiga box panel yang hilang, sehingga banyak juga lampu PJU di Bypass ini yang kembali tidak berfungsi," katanya.

Untuk mengantisipasi kejadian serupa terulang kembali, akan diupayakan posisi box panel PJU ini akan ditempatkan di posisi yang lebih tinggi agar sulit dijangkau. Posisi box panel ini awalnya tidak terlalu tinggi, karena memang untuk mempermudah petugas dalam melakukan pengecekan atau pemeliharaan.

“Awalnya tidak terlalu tinggi dengan pertimbangan kalau ada kerusakan maka cepat diperbaiki," katanya.

Karena adanya kasus pencurian ini, mau tidak mau harus ditempatkan ke tempat yang lebih tinggi lagi. Kalau dibiarkan di tempat yang seperti sekarang ini, lama- lama bisa hilang semua.

Saat ini sudah mulai mendekati berbagai event Internasional di Sirkuit Mandalika, sehingga pihaknya memastikan kondisi PJU ini akan segera dilakukan perbaikan agar lampu PJU kembali normal.

"Ini dia hilang terus maka tugas kami bagaimana memberikan penyadaran kepada masyarakat karena ini untuk kepentingan umum. Kalau Bypass terang maka semua merasakan aman dan nyaman,” katanya.