Pemprov NTB pamerkan produk UMKM di Halal Expo Brunei Darussalam

id NTB,Dekranaada NTB,Brunai Darussalam,NTB Mall,Pemprov NTB

Pemprov NTB pamerkan produk UMKM di Halal Expo Brunei Darussalam

Wakil Ketua Dekranasda Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), Hj Lale Prayatni perkenalkan produl UMK pada ajang Indonesia Halal Expo di Brunei Darussalam. ANTARA/HO-Pemprov NTB.

Mataram (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat melalui NTB Mall memamerkan produk kerajinan hasil produksi UMKM dalam ajang Halal Expo di Brunei Darussalam.

Kepala Dinas Perdagangan NTB, Baiq Nelly Yuniarti, menyampaikan NTB Mall bisa mewakili NTB di ajang Indonesia Halal Expo di Brunei Darussalam menjadi langkah strategis untuk memperkenalkan produk-produk halal unggulan dari NTB ke pasar internasional.

"NTB Mall bisa mewakili NTB di ajang Halal Expo di Brunei menjadi langkah strategis untuk memperkenalkan produk-produk halal unggulan dari NTB," ujarnya melalui siaran pers di Mataram, Jumat.

Ia mengaku respon masyarakat Brunai terhadap produk-produk NTB sangat positif, hal tersebut menjadi motivasi untuk terus mempromosikan dan membawa produk-produk hasil Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) asli NTB Go Global, dan membuka kesempatan untuk menjalin kerjasama dan membuka peluang ekspor produk halal NTB.

"Respon masyarakat Brunei terhadap produk-produk yang di bawa NTB Mall sangat positif dan memberi motivasi untuk terus selalu mempromosikan dan membawa produk-produk UMKM ini go global.

Indonesia Halal Expo di Brunei Darussalam dihadiri oleh berbagai pelaku industri halal dari berbagai negara, yang memamerkan produk-produk halal mulai dari makanan, minuman, feshen, hingga kosmetik. NTB Mall memanfaatkan kesempatan ini untuk memamerkan berbagai produk halal unggulan dari NTB, seperti madu, kopi, tenun, dan berbagai produk olahan pangan lainnya.

Desk Head SEP BUMD Bank NTB Syariah, Erma Dermawati, menekankan pentingnya mendukung UMKM lokal agar bisa bersaing di pasar global.

"Kami berkomitmen untuk mendukung UMKM lokal dalam memperluas jangkauan pasar mereka. Dengan hadirnya NTB Mall di INDHEX, kami berharap produk-produk halal dari NTB bisa dikenal lebih luas dan mendapatkan pasar baru di tingkat internasional," kata Erma.

Para pengunjung INDHEX menunjukkan antusiasme yang tinggi terhadap produk-produk yang dipamerkan oleh NTB Mall. Beberapa pengusaha dari Brunei Darussalam dan negara-negara lainnya menyatakan minat untuk menjalin kerjasama bisnis dan mengimpor produk halal dari NTB.

Baca juga: BSN mendukung peningkatan produk UMKM Lombok Tengah
Baca juga: Semua produk UMKM di Lombok Tengah bisa dipasarkan di PLUT


Dengan partisipasi dalam Indonesia Halal Expo, diharapkan produk-produk halal dari NTB dapat semakin dikenal di pasar internasional, membuka peluang ekspor, dan memberikan kontribusi positif terhadap perekonomian daerah.

"Kegiatan ini juga diharapkan dapat memperkuat posisi NTB sebagai salah satu produsen produk halal unggulan di Indonesia," katanya.