PKK Lombok Utara berkomitmen wujudkan keluarga sejahtera

id HKG ,PKK Lombok Utara ,NTB,keluarga sejahtera

PKK Lombok Utara berkomitmen wujudkan keluarga sejahtera

Ketua PKK Lombok Utara Hj Galuh Nurdiyah (kanan) saat menyerahkan piala pada pemenang lomba dalam acara peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK 2024 di Lombok Utara, Selasa. (ANTARA/HO-Humas Pemkab Lombok Utara)

Mataram (ANTARA) - Tim penggerak pemberdayaan kesejahteraan keluarga (PKK) Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat (NTB) tetap berkomitmen untuk bersinergi dengan pemerintah daerah dalam mewujudkan keluarga sejahtera menuju Indonesia emas 2045.

"Mari bergerak bersama mewujudkan keluarga sejahtera menuju Indonesia maju," kata Ketua PKK Lombok Utara Hj Galuh Nurdiyah saat acara peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK 2024 di Lombok Utara, Selasa.

Tim penggerak PKK dapat menjadi motor utama dalam menggerakkan kader dan menjalin koordinasi serta sinergitas dengan stakeholder baik dengan pemerintah daerah maupun lembaga non pemerintah sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

"Pada hakikatnya gerakan PKK merupakan gerakan masyarakat yang tumbuh dari bawah, dengan prinsip kerja partisipatif," katanya.

Baca juga: Bupati dan Ketua PKK KLU roadshow akhir sekaligus pamitan di Kayangan

Ia mengatakan peran aktif segenap masyarakat dalam pembangunan ikut digalang dan ditingkatkan, sehingga diharapkan dapat lebih merata dan berkualitas dalam memikul beban dan tanggung jawab pembangunan.

"Maupun dalam menikmati hasil pembangunan itu sendiri," katanya.

Para kader memiliki peran strategis dalam mendukung program kerja pemerintah termasuk dalam bidang penghayatan dan pengamalan Pancasila, gotong royong, pangan dan sandang.

"Perumahan, pendidikan, kesehatan, kehidupan, kelestarian lingkungan hidup dan perencanaan sehat," katanya.

Dengan sinergitas antara PKK dan pemerintah diharapkan program-program PKK yang direncanakan dapat dijalankan dan memberikan manfaat yang berkelanjutan bagi masyarakat dalam mendukung pembangunan secara keseluruhan.

"Harapan kami seluruh kader PKK dapat menjawab tantangan dan mewujudkan capaian substansi tugas dan fungsi TP PKK untuk mencapai visi gerakan PKK tahun 2021-2024 yaitu terwujudnya keluarga sehat dan cerdas menuju Indonesia maju 2024," katanya

Sementara itu Asisten Bidang Administrasi Umum Setda Lombok Utara Husnul Ahadi menyampaikan memulai momentum HKG PKK ke-52 dapat dijadikan penyatuan komitmen Kader PKK maupun organisasi perempuan lainnya untuk membangun daerah yang maju dan sejahtera.

"Melalui pemberdayaan PKK harus mampu bergerak dan membangun dengan tujuan untuk melakukan suatu perubahan," katanya.

Lebih Lanjut kata Husnul Ahadi dengan komitmen serta tekad bersama-sama untuk terus berbenah menuju satu tujuan yang telah di niatkan menjadikan Indonesia menjadi negara yang kuat dan di hormati.

"Kesejahteraan memiliki makna penuh kebutuhan masyarakat untuk dapat hidup layak dalam kehidupan sehari-hari," katanya.