Buruh tani Lombok Utara dapat bantuan rumah

id program jubah ,lombok utara ,warga miskian,najmul akhyar

Buruh tani Lombok Utara dapat bantuan rumah

Bupati Lombok Utara DR H Najmul Akhyar SH MH berfoto bersama di depan rumah kumuh milik Amaq Nurama (45) dan istrinya Inggetip (tengah), warga Dusun Munder, Desa Mumbul Sari Kecamatan Bayan. Foto Humas dan Protokol Setda KLU.

....Rasa gembira terpancar dari raut wajah suami Inggetip yang mendapat bantuan pembangunan rumah layak huhi dari program Jubah. Dengan dibangunya rumah tersebut Amaq Nurama bersama keluarga bisa tinggal di tempat yang layak, tidak seperti selama ini
Mataram, (Antaranews NTB) - Seorang buruh tani asal  Dusun Munder Desa Mumbul Sari Kecamatan Bayan, Kabupaten Lombok Utara, Amaq Nurama  (45) mendapat bantuan rumah layak huni yang dibangun dengan dana yang bersumber dari rogram Jumat Bedah Rumah atau "Jubah" .

Humas dan Protokol Setda Lombok Utara melalui siaran pers yang diterima di Mataram, Senin, menyebutkan pelatakan batu pertama pembangunan rumah tersebut dilakukan Bupati Lombok Utara DR H Najmul Akhyar SH MH, Jumat (9/3).

Rasa gembira terpancar dari raut wajah suami Inggetip yang mendapat bantuan pembangunan rumah layak huhi dari program Jubah. Dengan dibangunya rumah tersebut Amaq Nurama bersama keluarga bisa tinggal di tempat yang layak, tidak seperti selama ini tinggal dirumah berlantai tanah dan berdindingkan rumpunan bambu.

Rombongan Bupati Lombok Utara  yang disambut iringan kecimol (kesenian khas Lombok) ketika sampai pada lokasi acara. Hadir pula Asisten III Setda KLU, Kepala BPKAD, Kepala BPBD, Plt Kepala Dikpora, Sekdis Sosial Kependudukan dan Catatan Sipil KLU, unsur Baznas KLU, Kades Mumbul Sari dan masyarakat Dusun Munder yang antusias turut menyambut kedatangan rombongan orang nomor satu di KLU itu.

Kepala Dusun (Kadus) Munder Desa Mumbul Sari, Sirmanem dalam paparannya menyampaikan rasa lega dan haru, ada masyarakat Dusun Munder yang mendapat program Jubah dan peletakan batu pertama dilakukan langsung oleh bupati.

"Walaupun baru pulang dari Jakarta  bapak bupati langsung ke tempat kita untuk meletakkan batu pertama pembangunan rumah program Jubah serta bertatap muka dengan kami masyarakat Dusun Munder," katanya.
Bupati Lomboik Utara DR H Najmul Akhyar SH MH meletakkan bau pertama milik Amaq Nurama (45) warga Dusun Munder, Desa Mumbul Sari Kecamatan Bayan. Foto Humas dan Protokol Setda KLU.
Sementara itu Bupati Lombok Utara DR H Najmul Akhyar SH MH menjelaskan program Jubah merupakan program gerakan sosial dari Pemerintah Kabupaten Lombok Utara yang dananya bukan dari APBD sehingga persyaratannya tidak berbelit-belit.

Menurut Najmul Akhyar ha nya dengan keterangan dari kadus yang benar-benar tahu kondisi rumah warganya yang tidak layak huni bisa diusulkan untuk mendapatkan bantuan program Jubah.

"Inilah cara pemerintah untuk membangkitkan semangat gotong-royong kita bersama, pemerintah memberikan dana untuk membeli bahan, kemudian pengerjaannya dilakukan secara gotong-royong hingga selesainya perbaikan rumah warga," ujarnya.

Sejak April 2017, telah berhasil dibangun sebanyak  70 rumah warga melalui Program Jubah. Pemkab Lombok Utara secara berkala, setiap hari Jum'at melakukan perbaikan rumah warga yang dipastikan tidak layak huniannya.

Program Jubah menggerakkan empati sosial kemanusiaan dengan cara bergotong-royong membantu sesama.(*)