ITDC siapkan Pesta Kemerdekaan RI di Mandalika Lombok

id Mandalika ,Lombok ,ITDc,NTB,Hari Kemerdekaan Republik Indonesia

ITDC siapkan Pesta Kemerdekaan RI di Mandalika Lombok

Direktur operasi ITDC Wenda R Nabiel (kiri) bersama Lola Amaria (tengah), Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Lombok Tengah, NTB Lalu Sungkul (kanan) saat acara konferensi pers dalam rangka kegiatan Pesta Rakyat Kemerdekaan Indonesia di Mandalika, Selasa (06/08/2024). ANTARA/Akhyar Rosidi

Lombok Tengah (ANTARA) - Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) berkolaborasi dengan Lola Amaria Production menggelar pesta rakyat Cinema on The Beach dalam rangka menyambut hari Kemerdekaan Republik Indonesia, 17 Agustus 2024, di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Nusa Tenggara Barat.

"Acara nonton film di pinggir pantai ini dilaksanakan bertepatan dengan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia di Mandalika," kata Direktur Operasi ITDC Wenda R. Nabiel pada konferensi pers di Lombok Tengah, Selasa.

Ia mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kunjungan wisatawan domestik maupun mancanegara ke KEK Mandalika.

Baca juga: ITDC kaji pasang kanopi di tribun Sirkuit Mandalika

Selain itu, ajang ini juga untuk meningkatkan pertumbuhan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), karena pesta rakyat ini melibatkan para UMKM di Mandalika.

"Ini bisa disaksikan secara gratis oleh masyarakat maupun wisatawan, 17-18 Agustus 2024,” katanya.

Ia mengatakan acara Cinema on The Beach atau nonton film bersama ini dirangkaikan dengan berbagai acara seperti tarian seni dan budaya serta konser musik band lokal.

Kemudian film yang ditampilkan pada acara itu mengangkat kisah nyata dan merupakan film buatan lokal di NTB dan dua film dari luar yang merupakan karya anak bangsa.

"Judul film itu Rumah Kita, 6.9 Detik, Blue Poetry dan Kisah 3 Titik," katanya.

Baca juga: ITDC kaji pasang kanopi di tribun Sirkuit Mandalika

Sementara itu Creative Director Lola Amaria Prodution, Lola Amaria, mengatakan konsep acara ini adalah nonton bareng di pinggir pantai dengan santai sambil menikmati keindahan alam di Mandalika.

"Ini kolaborasi seni dan pariwisata melalui pembuatan film," katanya.

Kegiatan ini sebelumnya telah dilaksanakan di Labuhan Bajo, Surabaya dan di Bali dalam rangka mendukung promosi pariwisata di Indonesia.

Kegiatan ini juga merupakan bentuk dukungan bagi pengembangan perfilman Indonesia serta memberikan hiburan alternatif bagi masyarakat dan turis yang berada di kawasan Mandalika.

"Kegiatan ini diharapkan bisa digelar secara rutin, sehingga di Mandalika tidak hanya tentang balapan MotoGP, namun memiliki keindahan alam yang bisa dinikmati dengan santai," katanya.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Lombok Tengah Lalu Sungkul mengatakan pihaknya sangat mendukung kegiatan ini dalam rangka mendukung pertumbuhan ekonomi dan peningkatan kunjungan wisatawan.

"Banyak destinasi wisata yang bisa dinikmati wisatawan di Lombok Tengah selain balapan MotoGP," katanya.

Dengan adanya kegiatan ini bisa menjadi pilihan wisatawan untuk bisa menghabiskan waktu sambil melihat keindahan alam di Mandalika.

"Ini bisa jadi pilihan hiburan bagi wisatawan yang berkunjung di Mandalika," katanya.