Menpora perkuat kerja sama tingkatkan prestasi olahraga negara ASEAN

id olimpiade paris, menpora, dito ariotedjo, kerja sama olahraga, berita menpora

Menpora perkuat kerja sama tingkatkan prestasi olahraga negara ASEAN

Menteri Pemuda dan Olahraga RI Dito Ariotedjo (kiri) bersama Menteri Pemuda dan Olahraga Malaysi Hannah Yeoh (kanan), dan Menteri Budaya, Komunitas, dan Pemuda Singapura Edwin Tong (tengah) berpose bersama usai pertemuan di Restoran Le Nusa di Paris, Jumat (9/8/2024). (ANTARA/HO-Akun instagram @ditoariotedjo)

Jakarta (ANTARA) - Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo memperkuat kerja sama untuk mengangkat prestasi olahraga negara-negara di kawasan Asia Tenggara atau ASEAN.

Dito mengundang menteri olahraga dari negara-negara kawasan ASEAN yaitu Menteri Pemuda dan Olahraga Malaysia dan Hannah Yeoh Menteri Budaya, Komunitas, dan Pemuda Singapura Edwin Tong, yang berada di Paris untuk mendukung atlet-atlet mereka pada Olimpiade Paris, untuk berdiskusi bersama di restoran Indonesia Le Nusa di Paris.

"Kami berdiskusi tentang bagaimana caranya agar bisa mengangkat prestasi olahraga dari negara-negara ASEAN di panggung dunia," tulis Dito melalui akun instagram pribadi @ditoariotedjo yang dipantau di Jakarta, Minggu.

Ia menyebutkan beberapa hal yang disepakati dalam pertemuan itu yakni perlunya kerja sama antarnegara untuk meningkatkan sumber daya manusia keolahragaan. Selain itu, masing-masing negara, kata dia, juga diharapkan membuka kesempatan berlatih untuk cabang olahraga unggulan mereka kepada negara tetangga.

"Tidak kalah penting, kejuaraan olahraga untuk elit remaja sekelas youth olympic juga harus segera di gelar," ujarnya.

Dito mengatakan, ia dan kedua menteri tersebut memiliki harapan yang sama agar kerja sama terus meningkatkan hubungan persahabatan dan kualitas olahraga, terutama dalam menghadapi SEA Games 2025 serta kejuaraan olahraga internasional ke depan.

Dito sendiri berada di Paris dalam rangka menyaksikan dan memberikan dukungan secara langsung kepada para atlet Indonesia yang berjuang mengharumkan nama Indonesia pada Olimpiade Paris 2024.

Baca juga: Lifter Liu Huanhua antar China kembali tambang emas
Baca juga: Pelari Kenya Kipyegon atlet pertama raih emas 1.500 m putri


Indonesia sendiri mengikutsertakan sebanyak 29 atlet dari 12 cabang olahraga dalam ajang kompetisi olahraga tertinggi dunia di Paris. Hingga saat ini, tim Merah Putih telah mengantongi dua medali emas yang dipersembahkan atlet panjat tebing Veddriq Leonardo dan atlet angkat besi Rizki Juniansyah, serta satu medali perunggu dari atlet buku tangkis tunggal putri Gregoria Mariska Tunjung.

Penampilan terakhir tim Indonesia dilakoni atlet angkat besi putri Nurul Akmal yang akan tampil pada laga angkat besi +81 kg Olimpiade Paris 2024 di South Paris Arena 6 pada Minggu (11/8) waktu setempat.