BPTP NTB EKSPOS HASIL KAJIAN PERTANIAN

id

     Mataram, 30/6 (ANTARA) - Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Nusa Tenggara Barat (NTB) mengekspos hasil pengkajian dan penelitian bidang pertanian untuk diketahui publik secara luas demi kemajuan sektor pertanian.

     Ekspos hasil pengkajian bidang pertanian itu berlangsung di halaman Kantor BPTP NTB, di Kecamatan Narmada, Kabupaten Lombok Barat, Selasa.

     Kepala BPTP NTB, DR. Ir. Dwi Praptomo, MS, mengatakan, ajang promosi hasil-hasil penelitian dan pengkajian teknologi pertanian itu akan berlangsung selama tiga hari terhitung 30 Juni hingga 2 Juli mendatang.

     "Kegiatan ini lebih dimaksudkan untuk memotivasi pelaku pertanian mengembangkan usaha taninya guna mencapai tingkat kesejahteraan keluarga yang diinginkan," ujarnya.

     Ia memperkirakan, kegiatan itu akan menyedot ribuan pengunjung sebagaimana kegiatan serupa di tahun sebelumnya yang dikunjungi lebih dari 1.000 orang.

     Selain menyajikan dokumen hasil-hasil pengkajian dan penelitian teknologi tepat guna, juga digelar kegiatan ajangsana ke berbagai visitor plot di kebun percobaan.

     "Kami juga rangkai dengan demonstrasi berbagai teknologi, pameran, bazaar dan pertemuan para peneliti, penyuluh dan petani serta studi wisata pelajar, wisata agro dan hiburan," ujarnya.

     Ekspos hasil-hasil pengkajian pertanian itu juga dirangkai dengan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) antara Gubernur NTB, Bupati Lombok Timur dan Bupati Sumbawa Barat dengan Badan Litbang Pertanian, guna mengembangkan komoditas pertanian unggulan.

     Praptomo berharap kebun percobaan milik BPTP NTB seluas satu hektare itu dapat difungsikan sebagai kebun wisata ilmiah yang dapat digunakan kalangan pelajar maupun masyarakat umum lainnya. (*)