Atlet tampilkan kekayaan budaya melalui baju adat

id Paralimpiade Paris 2024,Paralimpiade,Upacara pembukaan Paralimpiade

Atlet tampilkan kekayaan budaya melalui baju adat

Cincin Olimpiade untuk Olimpiade dan Paralimpiade mendatang di Paris La Defense Arena, Nanterre, Prancis (21/6/2024). ANTARA/Xinhua/Julien Mattia/aa.

Jakarta (ANTARA) - Wakil Sekretaris Jenderal National Paralympic Committee (NPC) Indonesia Rima Ferdianto mengatakan para atlet akan menampilkan kekayaan budaya nusantara melalui keindahan baju adat tanah air pada saat upacara pembukaan Paralimpiade Paris 2024, Rabu malam WIB.

Dalam keterangan tertulis yang diterima ANTARA di Jakarta, Rabu, ia membeberkan kontingen Indonesia akan menampilkan kekayaan budaya nusantara di Place de la Concorde dengan atlet Leli Marlina dan Muhammad Fadli dipilih sebagai pembawa bendera Merah Putih.

"Untuk konsep bajunya, kami akan menunjukkan keberagaman nusantara. Ada tenun batik, tenun ikat, tenun lurik, serta ada parade baju adat Indonesia dari seluruh wilayah tanah air," kata Rima.

Lebih lanjut dia membeberkan, kontingen Indonesia akan diwakili oleh 11 atlet, 13 ofisial, dan enam anggota chef de mission (CdM) pada defile pembukaan acara.

Leli Marlina merupakan satu-satunya atlet para tenis meja yang tampil pada Paralimpiade 2024. Sementara Muhammad Fadli merupakan satu-satunya atlet para balap sepeda yang lolos pada ajang empat tahunan ini.

"Ini menjadi sejarah untuk pertama kalinya defile Paralimpiade akan dilakukan di jalan raya yang menjadi ikon Kota Paris, Place de la Concorde. Kami ikut optimistis dan excited untuk defile yang akan menjadi hari bersejarah," ujar dia.

Rima menambahkan, sebanyak 35 atlet Indonesia akan memulai pertarungan setelah melakukan persiapan berkelanjutan sejak 2021. Muhammad Fadli dan kawan-kawan ditargetkan membawa pulang satu medali emas, dua medali perak, dan tiga medali perunggu. Sementara itu, atlet para tenis meja Indonesia Leli Marlina merasa bangga dipercaya membawa bendera Merah Putih saat defile kontingen pada upacara pembukaan Paralimpiade 2024.

Ia juga merasa kesempatan itu semakin menambah kepercayaan dirinya untuk berprestasi pada cabang olahraga para tenis meja.

Baca juga: Tim para bulu tangkis Indonesia siap tarung dalam Paralimpiade
Baca juga: Indonesia fokus siapkan 120 atlet Asian Para Games Hangzhou


"Ini merupakan momen yang sangat spesial untuk saya dan saya merasa sangat bangga karena dapat mewakili Indonesia di Paralimpiade Paris ini. Saya akan berusaha sebaik mungkin untuk membuat negara kita bangga," kata Leli Marlina.

Upacara pembukaan Paralimpiade Paris 2024 menjadi semakin menarik karena aktor layar lebar internasional, Jackie Chan, terpilih sebagai salah satu pembawa obor Paralimpiade.

Kegiatan upacara pembukaan itu bisa disaksikan masyarakat Indonesia lewat siaran langsung yang ditayangkan di Garuda TV pada Rabu malam, mulai pukul 23.30 WIB.