Tokoh Nahdliyin Lombok Tengah dukungan Iqbal-Dinda di Pilkada NTB

id Lombok Tengah ,Pilkada NTB ,Pilkada 2024

Tokoh Nahdliyin Lombok Tengah dukungan Iqbal-Dinda di Pilkada NTB

Calon Gubernur NTB L Muhammad Iqbal (Tengah) saat bertemu dengan tokoh NU di Lombok Tengah, Sabtu (07/09/2024) (ANTARA/HO-Humas Iqbal)

Lombok Tengah (ANTARA) - Sejumlah tokoh dan sesepuh Nahdliyin di Lombok Tengah sepakat untuk memberikan dukungan kepada pasangan Lalu Muhamad Iqbal-Indah Dhamayanti Putri (Iqbal-Dinda) di Pilkada Nusa Tenggara Barat (NTB) 2024.
 

"Alhamdulillah tadi ada kesepakatan dan kesepahaman dari para Tuan Guru untuk memberikan dukungan kepada pasangan Iqbal-Dinda di pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur NTB," kata Bakal calon Gubernur NTB Lalu Iqbal di Lombok Tengah, Sabtu.
 

Kesepakatan itu dibahas saat ratusan Tuan Guru, Ustadz dan pengasuh pondok pesantren (Ponpes) yang bernaung di NU saat pertemuan di Yayasan Ponpes Manhalul Ulum Praya.
 

"NU memang tak bisa dikaitkan dalam politik praktis. Hanya saja, Nahdliyyin memiliki peran penting dalam kehidupan berbangsa dan bernegara," katanya.

Baca juga: Mantan Bupati Lombok Timur dukung Iqbal -Dinda di Pilkada NTB 2024

Organisasi ini aktif dalam pembangunan nasional, menciptakan stabilitas politik, dan berkontribusi dalam merumuskan kebijakan nasional, termasuk bagi masyarakat NTB.
 

"NU memang tidak bisa kita kaitkan dengan politik praktis. Tapi Nahdliyyin harus ada di mana-mana untuk membangun peradaban manusia," imbuhnya.
 

Menurut Iqbal, dalam pertemuan tersebut ia mengaku banyak kesamaan visi dengan NU dan organisasi ini memiliki rasa toleransi yang tinggi.

Baca juga: Projo instruksikan menangkan Iqbal-Dinda di Pilkada NTB 2024

Ia mengaku tak banyak hal yang diinginkan oleh masyarakat Nahdliyin untuk mendukungnya, mereka hanya meminta untuk diberikan ruang yang sama seperti organisasi lain.
 

"Mereka juga berharap bisa mendapatkan akses untuk bisa mengkontribusi dalam pembangunan di level provinsi maupun di level kabupaten," katanya.
 

Ia mengatakan karena sejak dulu NU itu kan selalu memberikan kontribusi di dalam pembangunan, jadi mereka mengulangi lagi harapan mereka untuk bisa memberikan kontribusi dalam program pembangunan apa pun yang dilakukan oleh pemerintah.
 

"Keinginan NU ini membuatnya merasa ringan dalam berjuang," katanya.

Baca juga: Zul-Uhel, Rohmi-Firin dan Iqbal-Dinda siap tarung di Pilgub NTB 2024

Ia melihat peran NU dalam pembangunan di NTB sangat diharapkan.
 

"Memang kita mau jadi pemimpin yang akan menjadi milik semua kelompok, semua golongan, semua suku dan semua agama. Jadi itu sejalan sekali yang disampaikan tadi," katanya.