Mantan Bupati Lombok Timur dukung Iqbal -Dinda di Pilkada NTB 2024

id Pilkada NTB ,KPU NTB,Gubernur NTB ,Bupati Lombok Timur

Mantan Bupati Lombok Timur dukung Iqbal -Dinda di Pilkada NTB 2024

Mantan Bupati Lombok Timur, HM Sukiman Azmy (Tengah) saat menghadiri acara pertemuan dengan Calon Gubernur NTB M Iqbal di Lombok Timur, Rabu (04/09/2024) (ANTARA/HO-Edy)

Mataram (ANTARA) - Mantan Bupati Lombok Timur HM Sukiman Azmy memantapkan diri untuk mendukung pasangan Lalu Muhammad Iqbal dan Indah Dhamayanti Putri (Iqbal-Dinda) di Pilkada NTB 2024.

"Kami siap ikhtiar bersama memenangkan pasangan Iqbal-Dinda di Pilkada NTB," kata Sukiman Azmy pada pertemuan khusus antara Lalu Iqbal di Ponpes Buak Ate Kembang Mate, Kecamatan Sakra, Lombok Timur, Rabu.

Pada kesempatan itu, Sukiman mengutarakan kekagumannya kepada Lalu Iqbal atas kesungguhan niatnya berjuang membangun NTB.

Atas dasar itu, ia dan sejumlah relawan yang menghadiri pertemuan itu percaya, mantan Dubes Turki Iqbal mampu membangun NTB lebih baik, dengan sejumlah program yang telah disusun rapi.

"Kami berharap agar memberi perhatian khusus kepada dunia pendidikan, pondok pesantren, terutama anak yatim piatu, agar masa depan mereka terjamin," katanya.

Baca juga: Projo instruksikan menangkan Iqbal-Dinda di Pilkada NTB 2024

Sementara itu, Calon Gubernur NTB Lalu Muhammad Iqbal menyampaikan terima kasih atas dukungan yang diberikan ini dianggap sebagai sikap politik positif yang dipertontonkan oleh politisi senior.

"Kami merasa tersanjung, ini adalah sikap politik positif yang ditunjukkan," katanya.

Ia mengatakan dirinya pulang kampung atau berhenti menjadi Dubes Turki, hal itu bukan keinginan yang muncul karena ada kesempatan. Namun, kata dia, pulang kampung merupakan hajat dan cita-cita besar yang telah lama dipendam.

"Saya ingin membangun kampung halaman saya (NTB). Itulah hajat saya selama 28 tahun berkarir," katanya.

Baca juga: KPU NTB gunakan video call pastikan dukungan parpol untuk Iqbal-Dinda

Terkait pembangunan daerah, Iqbal menilai ada tata kelola yang salah dengan Provinsi NTB. Karena seluruh persyaratan yang dibutuhkan NTB untuk menjadi daerah maju sudah ada, mulai dari SDM hingga SDA.

"Kami butuh tata kelola yang baik supaya tidak terus-terusan terjebak di 10 provinsi termiskin di Indonesia. Semoga niat baik bisa dikabulkan oleh Allah agar  bisa mengubah tata kelola NTB," harapnya.

Baca juga: Zul-Uhel, Rohmi-Firin dan Iqbal-Dinda siap tarung di Pilgub NTB 2024

Komisi Pemilihan Umum (KPU) NTB telah menerima pendaftaran tiga bakal pasangan di antaranya pasangan Lalu Muhammad Iqbal dan Indah Dhamayanti Putri diusung sembilan partai politik, yakni PAN, Partai Gerindra, Golkar, PPP, PBB, Partai Hanura, Partai Gelora, Partai Garuda, dan PSI, dengan jumlah suara sah sebanyak 1.637.928

Pasangan Zulkieflimansyah dan H.M. Suhaili F.T atau Zul-Uhel diusung tiga gabungan partai politik, yaitu PKS, Demokrat dan Nasdem dengan jumlah suara sah sebanyak 823.606 suara.

Selanjutnya pasangan Siti Rohmi Djalilah dan Musyafirin diusung empat partai politik, yaitu PKB, PDI Perjuangan, Partai Perindo, dan Partai Ummat, dengan jumlah suara sah sebanyak 602.321 suara.

Baca juga: Pasangan Iqbal-Dinda daftar ke KPU NTB dengan dukungan 1,6 juta suara