Riau cetak emas lewat floret individu putri pada PON XXI

id pon,pon 2024,pon aceh sumut,pon xxi,anggar

Riau cetak emas lewat floret individu putri pada PON XXI

Atlet anggar Riau Ayu PaniĀ (kanan) dan atlet anggar Kalimantan Barat Mery Ananda (kiri) saat bertanding di partai final untuk nomor floret perorangan putri pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut 2024 di GOR Anggar Komplek Stadion Harapan Bangsa, Banda Aceh, Rabu malam (11/9/2024). (ANTARA/Rizka Khaerunnisa)

Banda Aceh (ANTARA) - Atlet anggar Ayu Pani mencetak medali emas untuk Provinsi Riau di nomor floret perorangan putri pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut 2024 yang berlangsung GOR Anggar Komplek Stadion Harapan Bangsa, Banda Aceh, Rabu malam.

Ayu berhasil menorehkan kemenangan dari lawannya, Mery Ananda asal Kalimantan Barat. Sejak dimulainya pertandingan final, Ayu selalu mencatatkan skor yang unggul dari Mery hingga mencapai skor akhir 15-12.

“Cukup bangga sama diri sendiri bisa dapat medali emas sendiri di (nomor floret) perorangan,” kata Ayu saat dijumpai wartawan usai pertandingan.

Sebelumnya pada PON XX Papua, Ayu menyumbangkan medali emas melalui nomor floret beregu putri. Ia akan kembali turun untuk floret beregu putri pada PON XXI yang diadakan pada Sabtu (14/9).

Pada PON XX Papua, Riau menjadi juara umum cabang olahraga anggar dengan raihan medali terbanyak, termasuk 5 medali emas. Ayu berharap, Riau bisa kembali mencatatkan kemenangan pada PON kali ini terutama melalui floret beregu putri.

“Harapannya bisa mendulang medali emas lagi untuk beregu (floret beregu putri), bareng-bareng sama teman, Insya Allah,” ujar Ayu.

Adapun Mery pernah meraih perunggu melalui floret perorangan putri pada PON XX Papua. Pada PON XX Aceh-Sumut, Mery naik satu tingkat berkat raihan medali peraknya.

Medali perunggu bersama untuk nomor floret perorangan putri diraih oleh Dewi Supriyati asal Jawa Barat dan Norhayati asal Riau. Pada partai semifinal, Dewi sempat mengalami cedera saat melawan Ayu. Kontingen Jawa Barat itu mencatatkan skor akhir 8 dibanding lawannya, Ayu, yang mencapai skor 14.

Semetara itu, Norhayati juga mengalami cedera di tengah pertandingannya melawan Mery. Pada partai semifinal, Norhayati mencatatkan skor akhir 9 sementara Mery unggul dengan skor 15.

Pada Rabu di tempat yang sama juga berlangsung pertandingan untuk nomor sabel perorangan putra. Pada nomor pertandingan ini, medali emas diraih oleh atlet anggar Aceh Indra Agus Setiawan sedangkan medali perak diraih oleh atlet anggar Jateng Muhammad Angga Maulana.

Untuk medali perunggu bersama pada nomor sabel perorangan putra diraih oleh Muhammad Zuhdi dari Riau dan Saidinanda Mulkan dari Aceh.

Baca juga: Aceh sabet emas sabel perorangan putra PON di hari pertama
Baca juga: Pasek Karisna persembahkan medali emas untuk mendiang pelatih

Cabang olahraga anggar pada PON XXI mempertandingkan 12 nomor untuk putra dan putri. Nomor untuk kategori putra antara lain sabel perorangan, floret perorangan, degen perorangan, sabel beregu, floret beregu, dan degen beregu.

Begitu pula nomor untuk kategori putri antara lain sabel perorangan, floret perorangan, degen perorangan, sabel beregu, floret beregu, dan degen beregu.

Cabang olahraga anggar pada PON XXI diikuti oleh 26 kontingen provinsi. Pertandingan cabor ini berlangsung pada 11-16 September 2024.

Pada Kamis (12/9), nomor floret perorangan putra dan degen perorangan putri akan dilombakan. Selanjutnya, nomor degen perorangan putra dan degen putri akan berlangsung pada Jumat (13/9).