NEWMONT RAIH PERINGKAT PROPER HIJAU

id

          Jakarta, 16/10 (ANTARA) - PT Newmont Nusa Tenggara (PTNNT) kembali mendapat peringkat lingkungan (Proper) "Hijau" dalam pengelolaan lingkungannya berdasarkan penilaian dariKementerian Negara Lingkungan Hidup.

         "Ini merupakan penghargaan yang sangat membanggakan bagi kami karena merupakan pengakuan atas kinerja PTNNT di bidang pengelolaan lingkungan dan juga tanggung jawab sosial. Ini sejalan dengan nilai utama kami yakni menjadi yang terdepan di bidang perlindungan lingkungan dan tanggung jawab sosial," kata Presiden Direktur PTNNT, Martiono Hadianto, dalam siaran persnya, Jumat.

         Martiono menambahkan, penghargaan ini juga menjadi penyemangat bagi perusahaan untuk terus meningkatkan kinerjanya di bidang perlindungan lingkungan dan tanggung jawab sosial.

         Dalam Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan Dalam Pengelolaan Lingkungan (Proper) Kementerian Negara Lingkungan Hidup, terdapat lima peringkat yakni Emas, Hijau, Biru, Merah dan Hitam.

         Peringkat Hijau berarti perusahaan telah melakukan pengelolaan lingkungan lebih dari yang dipersyaratkan, telah mempunyai sistem pengelolaan lingkungan termasuk melakukan upaya 3R (Reduce, Reuse,Recycle), serta mempunyai hubungan yang baik dengan masyarakat.

         "Kami mengucapkan terima kasih kepada pemerintah, masyarakat dan karyawan atas dukungan dan jerih payahnya sehingga kita bisa kembali mendapatkan Proper Hijau," kata Martiono.

         Selama mengikuti program tersebut sejak 2003, perusahaan tambang ini telah meraih 2 kali peringkat Biru dan 5 kali peringkat Hijau.

         Pada September, perusahaan yang beroperasi di Sumbawa Barat tersebut juga menerima penghargaan pengelolaan lingkungan tertinggi Trofi Utama dari Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral.(*)